SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dua Pelaku Curanmor di Anambas Diringkus

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Agustus 2018 | 15:16
  • Dibaca : 80 kali
Dua Pelaku Curanmor di Anambas Diringkus
ilustrasi

ANAMBAS –  Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor S dan R akhirnya diringkus jajaran Polres Anambas. Kasus tersebut terungkap ketika pemilik sepeda motor melihat kendaraannya yang sudah setahun hilang dipakai orang lain.

“Kedua pelaku tersebut dengan inisial S ditetapkan sebagai tersangka pemetik. Sedangkan R alias A ditetapkan tersangka sebagai penadah,” kata Kapolres Anambas AKBP Junoto didampingi penyidik Polsek Siantan dan Kapolsek Siantan AKP Jefry Syam, Rabu (15/8/2018).

Dari hasil pemeriksaan penyidik, sepeda motor sudah dibeli R alias A dari S diamankan dari Jalan Pattimura. Sedangkan S ditangkap di kamar kos di Tanjung Lambai. Keduanya kini dibawa di Mapolsek Siantan.

Menurut korban, sepeda motornya hilang sejak 19 Juli 2018 ketika parkir di pelabuhan. Sedangkan dari keterangan pelaku (S), ia terpaksa mencuri motor karena hendak membayar hutang Rp500.000 kepada Z (DPO).

“Kita masih lakukan pengembangan terhadap Z. Ketika kejadian, Z menemui S untuk menagih utang‎. Karena S tidak memiliki uang, maka Z mengajak S mencuri motor. Setelah berhasil mendapatkan barang curiannya dijual kepada R seharga Rp2,5 juta,” ujarnya.

Saat melakukan aksinya, tersangka melihat motor di pelabuhan dalam kondisi stang terkunci. Kemudian S menyentak-nyentak stang hingga kunci stang lepas. Motor tersebut lalu dibawa ke kosan Z. Di sana, mereka membongkar motor untuk menyambungkan kabel kontak agar bisa mesin menyala.

“Kamis (26/7) S menawarkan motor kepada R alias A (penadah). Dan R alias A membayar motor seharga Rp2,5 juta,” katanya.

Junoto mengatakan, kedua tersangka sudah diamankan di Mapolsek Siantan beserta barang bukti satu unit sepeda motor Honda Beat putih beserta kunci. “S kita kenakan pasal 363 dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun. Sedangkan R alias A dikenakan pasal 480 dengan an‎caman maksimal 4 tahun,” ucapnya.

Kapolres mengimbau masyarakat agar meninggalkan kebiasaan memarkirkan kendaraan roda dalam kondisi kunci terpasang. Selama ini memang jarang terjadi pencurian namun masyarakat tetap diminta untuk waspada. Jangan sampai kita yang memancing aksi pelaku kejahatan. Dulu memang aman-aman saja. Namun sekarang belum tentu. Jadi mari kita sama-sama menjaga,” katanya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com