SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Duduk di Akau, Silaturahmi Sambil Serap Aspirasi

  • Reporter:
  • Rabu, 6 Desember 2017 | 12:40
  • Dibaca : 81 kali
Duduk di Akau, Silaturahmi Sambil Serap Aspirasi
Gubernur Nurdin Basirun saat mencoba menggoreng nasi di salah satu lapak pedagang di Akau, Tanjungpinang.

Banyak cara yang dilakukan kepala daerah agar semakin dekat dengan masyarakatnya. Gubernur Kepri Nurdin Basirun sudah mempraktikan cara-cara itu. Mulai dari salat berjamah dari masjid ke masjid, berjalan-jalan sore di pelabuhan, maupun menghampiri pusat kuliner yang ramai dikunjungi warga.

Yuri B Trisna, Tanjungpinang

Jarum jam sudah jatuh di angka 10. Jalan-jalan di Kota Tanjungpinang sudah lengang. Namun di Akau Potong Lembu, Tanjungpinang, lampu segala macam merek dan daya membuat suasana di kawasan itu terasa benderang. Di salah satu sudut kawasan kuliner di Tanjungpinang itu, suasana tampak lebih heboh.

Beberapa laki-laki dan perempuan, mengenakan seragam dinas warna cokelat menyeruak di antara pengunjung. Di antara mereka, tampak pria berpostur tegap dengan kumis menghiasi wajahnya. Ia terlihat berbincang dengan sejumlah pedagang dan pengunjung yang sedang menikmati aneka makanan dan minuman.

Pria itu adalah Gubernur Nurdin Basirun. Setelah menyantap makanan yang disajikan, ia kemudian berkeliling menuju ke lapak-lapak pedagang. Dalam perbincangannya dengan para pedagang, ia berpesan agar mereka selalu menjaga kualitas masakan.

Selain itu, Nurdin juga mengingatkan agar pedagang harus menjaga kebersihan di tempat itu, agar pengunjung merasa nyaman.

“Akau ini kan dikenal masyarakat dan menjadi ikon kuliner di Tanjungpinang. Jika orang dari luar datang, Akau ini merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan untuk disinggahi. Karena itu, mari kita jaga bersama, para pedagang harus utamakan kualitas makanan yang dijual, dan bersama masyarakat di daerah ini, jagalah selalu kebersihan di lingkungan ini,” pesan Nurdin.

Rina, warga Tanjungpinang yang sedang menikmati makan malam bersama keluarganya di Akau Lembau itu mengaku sangat mengagumi sosok Gubernur Nurdin. Menurutnya, sosok pemimpin memang sudah seharusnya dekat dengan rakyatnya.

Ia senang karena Nurdin tidak memilih-milih tempat yang akan disinggahinya, meski untuk sekedar makan malam. Dengan melakukan itu, Nurdin bisa berkumpul dengan masyarakat, dan mendengar segala macam masukan maupun kritikan langsung dari warganya.

“Kehadiran Pak Gubernur tentu membuat kami senang, saya yakin semua orang yang di sini malam ini kagum dengan beliau. Mau menyatu bersama masyarakat walau di tempat makan sederhana dan ramai orang ini,” kata dia.

Sekitar 90 menit lamanya Nurdin berada di Akau Lembu. Setelah merasa cukup berbincang dengan pedagang dan pengunjung, ia pun beranjak. Sebelum meninggalkan kawasan tersebut, ia memesan nasi goreng dalam satu kuali besar yang sudah dimasak salah satu pedagang. Nasi goreng itu pun dibagikan secara gratis kepada pengunjung.

Malam itu Nurdin, tidak datang sendiri. Ia didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Raja Ariza, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan, Kepala Dinas Perdagangan Burhanuddin, Kepala Biro Perekonomian Heri Andrianto, Sekretaris BPKAD Ayub dan pengurus klub sepakbola 757 Kepri Jaya FC Endi Maulidi.

Nurdin mengatakan, berbagai cara dan usaha dilakukannya untuk bisa menemui masyarakat di seluruh wilayah Kepri. Pada momen tertentu, Safari Subuh menjadi sarana yang paling sering dijalani Nurdin untuk bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat. Kedai kopi dan aktivitas informal lainnya, juga menjadi saluran lain Nurdin untuk berinteraksi dengan warga.

“Di manapun kita berkerja, apakah saat berada di pulau-pulau ataupun di kota besar di Kepri ini, tetap tujuannya menuju masyarakat, bertemu dengan masyarakat adalah hal lumrah yang harus dilakukan kepala daerah,” ujarnya.

Menurut Nurdin, dengan duduk di tengah-tengah masyarakat, ia dapat lebih mendengar langsung berbagai aspirasi yang perlu untuk segera direalisasikan dan disinkronisasikan dengan rencana pembangunan daerah.

“Saya senang melakukan ini, dekat dengan semua masyarakat, mendengarkan aspirasi mereka secara langsung. Itu akan memotivasi saya untuk bekerja lebih baik,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com