SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Duel Penentuan

  • Reporter:
  • Minggu, 4 Maret 2018 | 13:39
  • Dibaca : 350 kali
Duel Penentuan

BARCELONA – Barcelona dan Atletico Madrid menjadi poros utama perebutan gelar Primera Liga musim ini. Duel panas yang akan berlangsung di Camp Nou nanti malam diyakini akan menentukan nasib keduanya.

Barcelona selaku pemuncak klasemen sementara Primera Liga dengan koleksi 66 poin jelas tidak boleh berleha-leha. Pasalnya, hasil 1-1 melawan Las Palmas, Jumat (2/3), membuat mereka terdesak lantaran kini hanya berselisih lima poin dari Atletico yang berada di peringkat 2.

Artinya, kesalahan sekecil apa pun bisa merusak ambisi El Azulgrana kembali merajai Spanyol. Barcelona tidak boleh terpeleset lagi karena sudah terlalu banyak membuang angka. Sergio Busquets dkk hanya mencatat dua menang dan tiga imbang dari lima laga terbaru Primera Liga.

Padahal, mereka sebelumnya sempat unggul hingga 14 angka dari Atletico. Los Rojiblancos mampu mengejar dengan meraih 15 angka dari lima pertandingan. Mengenai kegagalan meraup poin penuh saat bentrok Las Palmas, kapten Barcelona Andres Iniesta menilai pihaknya hanya kurang beruntung karena ada keputusan kontroversial wasit.

“Kemenangan atas Atletico nanti akan membuat kami kembali menjauh dari para rival,” kata Iniesta, dilansir Soccerway Sementara itu, Pelatih Barcelona Ernesto Valverde bakal mengoptimalkan dukungan fans agar bisa menang. Apalagi, Barcelona kini satu-satunya tim yang belum terkalahkan di lima kompetisi besar Eropa, yakni mencatat 20 menang dan enam imbang.

Agar bisa menjaga rekor itu, Valverde bakal mengoptimalkan skuad terbaik. Lionel Messi, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho bakal diandalkan sebagai juru gedor. Ketiganya didukung Iniesta, Busquets, dan Ivan Rakitic. Juru taktik berusia 54 tahun itu juga bisa menurunkan lagi Gerard Pique yang nantinya akan ditemani Samuel Umtiti di lini belakang.

“Kami adalah pimpinan klasemen sementara dan kami ingin selalu menjadi yang pertama,” ucap Valverde. Motivasi Valverde kian besar lantaran ingin mengakhiri rasa penasaran. Maklum, dia belum pernah merasakan kemenangan selama 12 kali melawan Atletico yang ditangani Diego Simeone, baik ketika membesut Barcelona, Valencia, ataupun Real Sociedad.

Tercatat Valverde menelan delapan kekalahan dan empat kali imbang. Karena itu, Valverde tetap harus waspada. Sebab, Atletico selalu menang selama tujuh laga beruntun di semua kompetisi. Belum lagi ancaman dari Antoine Grizemann .

Grizemann meraup tujuh gol dalam dua partai teranyar di Primera Liga. Dia mencatat hattricksaat melibas Sevilla 5-2. Lalu, quatrickketika menggilas Leganes 4-0. Alhasil, dia sudah mendulang 15 gol di kompetisi domestik musim ini. Ancaman juga bisa datang dari Diego Costa lantaran kembali ganas.

Terbukti, dia sudah mengemas tiga gol dari tujuh penampilannya di Primera Liga. Keberadaan Grizemann dan Costa dipercaya bisa mengimbangi duet Messi dan Suarez. Messi saat ini menjadi top skor sementara dengan 23 gol, dibuntuti Suarez yang terpaut tiga gol. Fakta itu membuat Atletico punya kans memangkas defisit menjadi dua poin.

Jika terjadi, Koke dkk berpotensi mengulang kisah musim 2013/2014 yang sukses jadi juara meski sempat tertinggal dari Barca. Itu sebabnya, pertemuan nanti sangat menentukan. Jika menang, Barcelona bisa memperlebar keunggulan dan sekaligus menghentikan momentum Atletico.

Tapi, bila Atletico yang berjaya, ada potensi jadi juara. Tapi, Simeone tidak mau meremehkan Barcelona. Dia menilai tuan rumah sangat berbahaya di bawah komando Valverde. “Banyak yang sempat meragukan Valverde ketika datang ke Barcelona,” paparnya.

Acuan Simeone lainnya adalah statistik. Pasalnya, selama lima pertemuan sebelumnya di semua kompetisi, Atletico selalu gagal menjinakkan Barcelona, yaitu menelan dua kalah dan tiga imbang.

alimansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com