SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Empat Calon Senator Mendaftar

  • Reporter:
  • Selasa, 10 Juli 2018 | 13:22
  • Dibaca : 361 kali
Empat Calon Senator Mendaftar
ilustrasi

PINANG – Sebanyak empat bakal calon DPD RI asal Kepri sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri di hari pertama pendaftaran, Senin (9/7/2018). Pendaftaran dibuka hingga Rabu (11/7/2018) nanti.

Anggota Komisioner KPU Kepri Arison mengatakan, proses tahapan pendaftaran bakal calon senator itu sebelumnya sudah melalui hasil verifikasi faktual dukungan dan sekarang masuk tahap pendaftaran.

“Untuk hari pertama, ada empat kandidat yakni Ria Saptarika, Surya Makmur Nasution, Haripinto Tanuwidjaja dan Riki Solihin,” kata dia di Tanjungpinang, Senin (9/7/2018).

Penyerahan syarat pendaftaran bakal calon DPD RI ini dilakukan secera bertahap. Dimana sebelumnya ada 15 kandidat bakal calon yang telah menyerahkan syarat dukungan. Adapun 15 nama itu yakni Ria Saptarika, Alfin, Dharma Setiawan, Surya Makmur Nasution, Moch Nabil, Hardi S Hood, Muhammad Syahrial, Sabar P Hasibuan, Richad H Pasaribu, Muhammad Nasrudin, Riki Solihin, Haripinto Tanuwidjaja, Sukri Fahrial, Alias Wello dan Mustafa Widjaja.

“Bakal calon DPD RI ini harus dapat melengkapi semua persyaratan administrasi pribadi yang telah ditentukan, seperti fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir, KTP, surat dinyatakan sehat baik jasmani dan rohani atau Jiwa, pernyataan bebas dari narkoba,” ujarnya.

Selain itu, harus menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) berkelakuan baik. Surat pernyatan tidak dalam proses hukum dan persyaratan lainnya.

“Apabila bakal calon ini belum memenuhi persyaratan, maka berkas ini akan diserahkan kembali. Selanjutnya masa penelitian syarat ini hingga tanggal 18 Juli mendatang,” ujarnya.

Untuk masa perbaikan persyaratan yang kurang, nantinya pihak KPU pada tanggal 19-20 Juli memberitahukan kepada bakal calon yang belum memenuhi persyaratan. Dan pada tanggal 21 hingga 24 Juli bacalon harus melengkapi seluruh persyaratan yang disampaikan oleh KPU tersebut.

“Batas akhir penyerahan data peribadi sebagai syarat bakal calon DPD RI pada tanggal 24 Juli mendatang. Dan diharapkan, semua kandidat dapat melengkapinnya,” ujarnya.

Salah satu kandidat DPD RI Surya Makmur Nasution mengatakan, untuk persyaratan pendaftaran secara keseluruhan sudah diserahkan ke KU Kepri. Hanya ada satu persyaratan yang belum diserahkan yakni terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK.

“Untuk LHKPN ini sudah diserahkan dan tinggal menunggu hasinya saja. Secara keseluruahan syarat pedaftaran sudah terpenuhi. Dan terkait resi LHKPN dari KPK dalam waktu dekat sudah ada jawabnnya dan sudah bisa dimasukan ke KPU Kepri,” katanya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com