SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Empat Rumah di Sakura Garden Diterjang Tanah Longsor

  • Reporter:
  • Sabtu, 20 Juni 2020 | 18:24
  • Dibaca : 195 kali
Empat Rumah di Sakura Garden Diterjang Tanah Longsor

BATAM – Empat rumah di Kompleks Perumahan Sakura Garden RT 002/RW 004 Kelurahan Kampung Seraya, Kecamatan Batuampar, Kota Batam. mengalami kerusakan, akibat longsor dan hujan yang terjadi, pada Sabtu (20/6/2020) pagi sekira pukul 08.50 WIB.

Longsor tersebut berasal dari talang air Pabrik roti Morning Bakery yang sudah tidak layak lagi, yang berada tepat diatas Perumahan warga Sakura Garden, saluran air mengarah ke bawah pemukiman warga Komplek Perumahan Sakura Garden. Hingga mengenai atap rumah milik salah seorang warga.

Ketua RW setempat 004 Perumahan Sakura Garden, Dahlan mengatakan kejadian berawal saat hujan lebat terjadi dari tadi malam sekira pukul 24.00 WIB hingga pagi pukul 09.00 WIB.

“Hujannya dari semalam pukul 24.00 WIB, sampai pagi tadi. Sementara longsor yang terjadi pagi tadi sekira puku 10.00 Wib ” ujar Dahlan, Sabtu(20/06/2020).

 

Lanjut Dahlan, terjadinya longsor tersebut diduga penyebabnya karena air dari talang di atas Pabrik roti Morning Bakery meluap hingga membuat tanah menjadi lembek dan terjadi longsor.

“ Longsornya karena air dari talang di atas mungkin karena sudah berapa jam hujan tanah menjadi lembek dan terbawa air yang deras hingga menimpa beberapa rumah milik warga” jelasnya

Dari kejadian tersebut, tiga rumah mengalami kerusakan pada bagian atap rumah. Diantara rumah yang rusak tersebut, termasuk rumah salah satu Ketua RT setempat (RT 02/RW 004).

“Ada tiga rumah yang rusak parah akibat tanah longsor yang berada tepat dibelakang pemukiman rumah warga yang terkena longsor ” kata Dahlan

Dahlan berharap, agar saluran air yang mengarah kebawah pemukiman warga Komplek Perumahan Sakura Garden segera diperbaiki sehingga tidak mengarah jatuh kebawah lagi.

“Bagaimana caranya biar air itu gak tumpah harus dicarikan solusi agar pabrik Morning Bakery harus membuat talang baru untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsor lagi yang mengakibatkan rumah warga mengalami kerusakan” harapnya.

Kepada pihak Pemerintahan, lanjut Dahlan, dirinya sudah melaporkan akan kejadian tersebut tetapi hingga kini belum mendapatkan solusi yang terbaik.

“ Kami juga sudah memberitahukan kejadian ini kepada pihak Kelurahaan tapi sampai saat ini belum ada tindakan dari pihak Kelurahaan Kampung Seraya” Ucap Dahlan

Beruntung dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun salah seorang warga mengalami luka ringan akibat kejadian tersebut.

Pantauan di lokasi kejadian, hingga berita ini diterbitkan, terlihat beberapa orang warga tengah berusaha membersihkan batang pohon yang tumbang/runtuh akibat longsor menimpa rumah salah satu bangunan milik Ketua RT setempat. arrazy aditya

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com