SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Empat SMP Jalankan Full Day School, Karimun Kekurangan Kelas Sekolah

  • Reporter:
  • Selasa, 25 September 2018 | 09:34
  • Dibaca : 152 kali
Empat SMP Jalankan Full Day School, Karimun Kekurangan Kelas Sekolah
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim meninjau pelaksanaan UN di SMPN 2 Meral Barat, Rabu (3/5). DOK SINDO BATAM

KARIMUN – Sebanyak empat sekolah menengah pertama di Karimun mulai menerapkan Full Day School atau delapan jam belajar selama lima hari. Belum semua menerapkan karena terkendala sarana dan prasana.

Jumlah empat sekolah itu masih timpang dengan jumlah SMP di kabupaten ini mencapai 60 SMP. Sekretaris Dinas Pendidikan Pemkab Karimun Riza Kurniati menjelaskan Full Day School belum bisa diterapkan di semua sekolah karena alasan sarana dan prasarana. Adapun empat sekolah yang sudah menerapkan Full Day School yakni SMPS Maha Bodhi, SMPN 2 Tebing Binaan, SMP Cendikia dan SMP Darul Mukmin. Riza menambahkan Full Day School diterapkan mengacu Permendikbud No.23/2017 tentang hari sekolah.
“Awalnya baru SMP Cendikia dan Darul Mukmin lebih dulu, baru SMPS Maha Bodhi dan SMPN 2 Tebing Binaan Karimun,” ujar Riza, Senin (24/9).

Full Day School dalam penerapannya, kegiatan belajar-mengajar di sekolah akan berlangsung selama delapan jam sehari dan dua kali libur dalam seminggu. Kebijakan FDS akan membuat belajar lebih efektif dan lebih banyak waktu dengan keluarga ketika hari libur.

“Sistem FDS, waktu belajar akan dipadatkan dan lebih efektif. Apabila Sabtu itu kurang efektif, karena ada juga digunakan untuk untuk ekskul dan kegiatan lainnya,” katanya.

Dalam penerapannya, sekolah di Karimun harus memiliki ruang kelas yang mencukupi dan tentunya tidak ada double shift. Keadaan itu menjadi kendala di Karimun, mengingat masih banyak sekolah – sekolah yang masih kekurangan kelas untuk belajar.

“Syarat Full Day School itu ruang kelas harus memadai. Di Karimun masih belum semua sekolah yang mendukung untuk penerapan itu,” kata Riza.

Riza berharap, ke depannya seluruh sekolah tingkat SMP di Karimun dapat menerapkan Full Day School. Meski saat ini, sistem itu masih terkendala karena fasilitas yang tidak memadai, tetapi secara bertahap akan mulai diterapkan. “Kita lihat kemampuan dan kesiapan sekolah dulu. Apabila sudah siap, saya rasa lebih efektif ya dengan adanya sistem itu,” katanya. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com