SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Empat Tahun Warga Perumahan Yose Sade Sulit Dapatkan Air Bersih

  • Reporter:
  • Jumat, 5 Mei 2017 | 13:11
  • Dibaca : 558 kali
Empat Tahun Warga Perumahan Yose Sade Sulit Dapatkan Air Bersih
ilustrasi

BATUAJI – Warga RT 01,02 dan 03/ RW 07 Perumahan Yose Sade, Kelurahan Tanjunguncang mengalami krisis air bersih sejak tahun 2013. Meski pelanggan PT Adhya Tirta Batam (ATB), mereka sulit mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasokan air tak berjalan lancar seperti pelanggan lainnya. Pasalnya pasokan hanya tersendat di perumahan mereka saja. Meski sudah sering melaporkan permasalahan kepada manajemen ATB, namun tak kunjung mendapatkan respons dari keluhan masyarakat. “Sudah empat tahun susah dapatkan air bersih. Kami akan mengadu ke DPRD Batam,” kata Ketua RW 07 Perumahan Yose Sade, Muhammad Teguh, Kamis (4/5).

Dari data yang diterima KORAN SINDO BATAM, ada sekitar 300 kepala keluarga (KK) yang sulit mendapatkan air bersih. Mereka sepakat akan mengirim surat yang ditandatangani oleh seluruh warga dan akan dikirim ke DPRD Batam. “Besok atau lusa akan kami datangi dewan membahas masalah ini,” ujarnya.

Warga dan perangkat RT/RW sudah berupaya meminta ATB membenahi pendistribusian ke pemukiman mereka, namun tak mendapatkan direspon dari ATB. Akibatnya, warga harus rela terjaga untuk menampung air yang hanya mengalir di atas jam 12 malam. “Malam pun airnya kecil yang keluar, itupun gak bersih. Airnya bercampur dengan busa kotor, jika sudah lama dia akan ngendap seperti lendir,” kata Yuni, warga Perumahan Yose Sade.

Dalam waktu semalam, warga hanya bisa menampung air tiga ember berukuran 20 liter. Jika air tersebut kurang untuk kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa membeli air dari truk air di Tanjunguncang. “Harganya Rp12.500 per drum. Hasilnya sama juga airnya tidak bersih. Tapi mau gimana lagi dari pada tak bisa mandi dan cuci,” ujarnya.

Manajemen ATB saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui persis keluhan warga Perumahan Yose Sade itu.”Nanti kami kirim petugas untuk cek ke lokasi. Selama ini memang belum ada laporannya,” kata Humas ATB, Iksa Wijanarko.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com