SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Enam Bus Trans Batam Layani Rute Nongsa-Batam Centre

  • Reporter:
  • Minggu, 28 Mei 2017 | 20:46
  • Dibaca : 2525 kali
Enam Bus Trans Batam Layani Rute Nongsa-Batam Centre
Ilustrasi . Foto Arrazy Aditya.

BATAM KOTA – Pemerintah Kota Batam mengoperasikan enam unit bus Trans Batam untuk melayani koridor Nongsa-Batam Centre. Keberadaan bus di koridor baru dibuka ini diharapkan mampu melayani kebutuhan transportasi warga Nongsa.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, trayek baru ini dioperasikan PT Korona Trans Puggur dengan biaya operasional dan pemeliharaan bus sekitar Rp1,5 miliar. “Ini sesuai hasil lelang di LPSE. Sementara kita operasikan enam bus,” kata Yusfa.

Rute koridor ini dimulai dari Halte Engku Putri melalui Jalan Daeng Kamboja menuju Jalan Raja Isa. Kemudian perempatan Kaliban ke kanan menelusuri Jalan Orchard Boulevard melalui Universitas Batam (Uniba) hingga Simpang Cikitsu kemudian ke Jalan Hang Tuah menuju Nongsa.

“Jadi kita tidak melewati Botania (Jalan Tengku Sulung). Dengan begitu kita tak bersinggunggan dengan angkot yang sudah ada,” kata Yusfa.

Yusfa mengakui sempat terjadi penolakan dari sopir angkot yang ada. Namun masalah tersebut dapat diselesaikan sehingga koridor ini bisa berjalan dan melayani warga Nongsa.

Targetkan Rp6 Miliar

Dengan penambahan sejumlah trayek baru, Trans Batam ditargetkan mengumpulkan penghasilan Rp6 miliar tahun ini. Target ini naik Rp2 miliar dibanding tahun lalu. “Tahun lalu kita kumpulkan Rp4,1 miliar. Kita terus berbenah dengan kenaikan target ini,” kata Yusfa.

Saat ini, penumpang Trans Batam mencapai 4 ribu orang setiap hari dengan rata-rata masyarakat umum. “Kalau umum tarifnya Rp4.000 dan pelajar Rp2.000,” kata dia.

Yusfa berharap masih ada bantuan bus dari pemerintah pusat untuk memaksimalkan pelayanan transportasi. Total bus yang dimiliki Dishub saat ini 77 unit. Namun yang beroperasi sebagai Trans Batam hanya 52 unit.
“Ada yang dijadikan bus sekolah,” kata dia.

Penambahan bus juga akan memperpendek jarak waktu antara bus. Saat ini jarak waktu pemberangkatan 15-30 menit. Di saat jam sibuk, jarak waktu 15 menit. “Kalau waktu lengang bisa sampai 30 menit waktu tunggunya,” kata dia.

1 Komentar

  1. Kibthiyah Jumat, 28 Juli 2017

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com