SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Enam Perusahaan Berminat Kelola Bus Hibah

  • Reporter:
  • Kamis, 10 Januari 2019 | 15:50
  • Dibaca : 168 kali
Enam Perusahaan Berminat Kelola Bus Hibah

BATAM KOTA – Dinas Perhubungan (dishub) Kota Batam melelang operasional 10 bus hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada enam perusahaan swasta. Dari enam perusahaan yang ikut lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), dua di antaranya perusahaan baru.

“Kami sudah lelang 10 bus dari Kemenhub. Perusahaan yang ikut di antaranya PT Damri, PT Corona, PT Suluh, PT Madhani, dan dua perusahaan baru. Saya lupa perusahaan yang baru ini,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Trans Dinas Perhubungan (Dishub) Batam, Cipto, Rabu (9/1).

Menurut dia, perusahaan swasta yang ikut lelang adalah pemain lama, di mana ada empat perusahaan yang juga ikut dalam proses lelang pada 2018 lalu.

“Pihak yang ikut perusahaannya itu-itu juga. Ya yang membedakannya ada dua perusahaan baru, itu saja,” ujarnya.

Dari 10 bus tersebut nantinya akan diperbantukan untuk delapan koridor yang ada. “Koridor yang kekurangan nantinya akan ditambah dengan bus hibah ini, jadi akan membantu bus yang ada,” katanya.

Proses lelang masih terus berjalan dan pengumuman pemenang akan diumumkan di LPSE Kota Batam Jumat (11/1) besok.

“Siapa yang akan menang lelang nantinya akan mendapatkan operasional 10 bus ini,” katanya.

Sedangkan bus yang sudah serah terima dengan Kemenhub dan Pemko Batam saat ini masih di Kantor Dishub Batam, dan sedang menjalani perawatan dari teknisi.

“Untuk kesiapan operasional, kami terus melakukan pengecekan 10 bus ini. Kami tak ingin nanti pada saat penyerahan operasional kepada pihak ketiga ada permasalahan,” kata Cipto.

Terlebih Batam nantinya akan menjadi percontohan transportasi di Indonesia, dan hal ini menjadi tugas Dishub dalam bidang transportasi ke depan.

“Untuk armada dan koridor, kita sudah memadai untuk menjadi kota percontohan. Tapi sekarang tinggal pelayanan ke masyarakat,” ungkapnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com