SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Erviana Madalina Suarakan Kegelisahan Lewat Film

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Juli 2017 | 21:21
  • Dibaca : 196 kali
Erviana Madalina Suarakan Kegelisahan Lewat Film
Erviana Madalina

Membuat film yang mampu meraih perhatian penonton tentu tak mudah. Banyak tantangan harus ditaklukkan sang sutradara atau penulis cerita. Tetapi Erviana Madalina menikmati seluruh prosesnya.

Tantangan-tantangan itu yang membuat para pembuat film makin bersemangat untuk menciptakan karya-karyanya. Itu juga yang menjadi alasan Erviana Madalina membuat film pendek. Film-film dengan berbagai cerita yang bisa memotivasi penontonnya.

“Saya tertarik menjadi sutradara karena film bisa menjadi media dalam menyuarakan kegelisahan ataupun pemikiran,” kata Vian, panggilan akrabnya, Kamis (6/7).

Vian mengatakan, awal hobinya ini dimulai ketika masih di bangku sekolah menengah pertama. Saat pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) ia mendapat tugas membuat film pendek. Dari sanalah Vian tertarik untuk menjadi sutradara film meski proses pembuatan film tidak segampang yang ia pikirkan.

“Mencari ide atau development ide memang menjadi salah satu tantangan dalam membuat film. Karena semuanya harus dianalisa, baik ceritanya, karakter, setting, dan lainnya,” kata Vian

Semangat Vian makin menggebu untuk terus belajar dan menekuni hobinya. Terlebih saat karya pertamanya terpilih menjadi yang terbaik di antara karya-karya rekan satu angkatannya. Setelah itu, bila ada waktu kosong atau sepulang sekolah, Vian membaca banyak buku atau berselancar di dunia maya, mencari tahu tentang segala yang berkaitan dengan film.

Saat masih sekolah di SMAN 5 Batam, Vian juga pernah mengikuti workshop film. Di sana, dia mengaku banyak mendapat ilmu dan bimbingan hingga akhirnya bisa memproduksi film sendiri. Dari sana juga beberapa hasil karyanya diikutsertakan dalam lomba-lomba atau festival film, baik di Batam atau daerah lain.

Sejumlah prestasi pernah diraih Vian. Pada 2014, karyanya masuk dalam nominasi Batam Film Festival 2014. Tahun berikutnya masuk dalam nominasi film terfavorit di Festival Film Indie Lampung. Di tahun yang sama juga memperoleh penghargaan penata artistik terbaik pada Festival Film Pelajar Surabaya.

Vian juga pernah ditunjuk sebagai koodinator event organizer lokal pada Roadshow FFI 2015. Lalu, pernah lolos seleksi pada forum komunitas JAFF 2015 Jogja Netpac Asean Film Festival dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Kepri. Tahun 2016, karyanya kembali mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik tingkat pelajar di The Best Annual Multimedia Show.

“Saya juga mendapatkan penghargaan sebagai cerita terbaik tingkat pelajar dan lolos community forum JAFF 2016. Alhamdulillah semuanya ajang nasional,” kata Vian bangga.

Prestasi yang diraihnya itu, menurut Vian, tidak lepas dari kerja kerasnya serta dukungan besar dari keluarga. Hal itu juga yang membuatnya makin bersemangat untuk terus berkarya dan membuat film-film pendek bermutu. Ia mengaku puas bisa membuat film sesuai dengan yang ia inginkan.

Beberapa langkah dalam pembuatan film, yang menurut Vian harus dilakukan, pertama adalah riset awal. Sebagai seorang sutradara, ia harus mencari tahu tentang latar belakang tema yang akan diangkat dalam film yang dibuat. Riset ini harus sangat detail. Banyak cara untuk melakukan riset, di antaranya browsing di internet atau bertanya kepada teman dan orang yang berkompeten sebagai referensi.

Langkah selanjutnya, membuat alur cerita dan menentukan siapa saja yang akan diangkat sebagai tokoh film. Lalu membuat cerita singkat seperti apa film yang akan dibuat. Dari sinopsis, pembuat film bisa menentukan siapa saja yang harus diwawancara serta daftar gambar-gambar (footages) yang dibutuhkan di luar wawancara.

Selanjutnya pengambilan gambar dan shooting. Setelah itu mulai melakukan capture hasil rekaman yang sudah dipilih sebelumnya ke dalam komputer dan menyusun film berdasarkan sinopsis final yang sudah dibuat sebelumnya. Terakhir, memasukkan footag yang sudah direkam.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com