SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Feri Anambas Tingkatkan Kapasitas Penumpang

  • Reporter:
  • Senin, 14 Januari 2019 | 13:40
  • Dibaca : 196 kali
Feri Anambas Tingkatkan Kapasitas Penumpang
Ilustrasi

ANAMBAS – Kapal feri di Kabupaten Anambas meningkatkan kapasitas penumpang dari 70 kursi menjadi 160 kursi. Langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi laut antar pulau di Kabupaten Anambas. Kapal dengan 160 lursi tersebut akan melayani rute Tarempa ke Pulau Kuala Maras dengan tujuan Bandara Udara Letung.

“Kemarin kita gunakan speedboat berkapasitas 70 seat, Rabu mendatang kita akan jalankan kapal feri berkapasitas 160 seat untuk melayani penumpang antar Tarempa menuju Kuala Maras,” kata perwakilan kapal feri, Nasrul Arsad, Minggu (13/1).

Ia mengatakan, banyaknya menerima usulan dan permintaan dari masyarakat untuk merambah lalu lintas laut menuju pulau-pulau lain seperti pulau Kiabu, Mengkait, Keramut, Sunggak dan Impol. Semua usulan itu akan ditinjau dan jika biaya operasional tertutupi, maka tidak menutup kemungkinan akan terealisasi.

“Kita masih hitung-hitung biaya operasionalnya. Jika bisa tertutupi akan kita layani atau kita gunakan speedboat kapasitas 70 seat tersebut. Tapi Feri yang seat 160 penumpang kita prioritaskan untuk penumpang bandara Letung,” katanya.

Kapal feri yang melayani pelayaran dari Tarempa menuju Kuala Maras dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti, ruang kedai kopi sekaligus bisa menonton televisi dan ruangan bersuhu dingin serta toilet. Kemudian ada perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan alat pemadam kebakaran.

“Ruang bagian atas ada tempat santai bagi penumpang yang ingin menikmati segelas kopi dan makanan ringan juga ada ditambah dengan fasilitas televisi dan suara musik daerah. Kita layani setiap hari, kecuali hari Sabtu saja tidak berlayar,” katanya.

Salah satu warga Desa Kuala Maras Kecamatan Jemaja Timur, Apriagun mengaku senang kapal feri tersebut singgah untuk penumpang menuju di Bandara Letung. Menurut dia, kehadiran kapal tersebut juga akan meningkatkan perekonomian meskipun hanya tempat persinggahan.

“Sudah tentu berdampak ekonomi kami di sini. Jelang menunju bandara tentu penumpang dari kapal feri akan belanja dengan menikmati makanan dan minuman yang disediakan warga di sekitar pelabuhan Kuala Maras,” katanya. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com