SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Festival Barongsai Diikuti Singapura dan Malaysia

  • Reporter:
  • Senin, 27 Maret 2017 | 09:32
  • Dibaca : 754 kali
Festival Barongsai Diikuti Singapura dan Malaysia

KARIMUN – Dinas Pariwisaata Seni dan Kebudayaan Kabupaten Karimun menggelar festival barongsai di panggung utama Coastal Area, Sabtu (25/3) malam. Kegiatan perdana tersebut diikuti sembilan tim, dua di antaranya datang dari Singapura dan Malaysia. Tak ketinggalan tim barongsai dari Sumatera Utara, Pekanbaru, Tanjungpinang, Batam, Tanjungbatu serta tuan rumah Karimun. Acara disejalankan dengan festival lampion perorangan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, kegiatan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Karimun, sehingga festival barongsai diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Harapan kami festival ini jadi alat promosi daerah. Termasuk juga sebagai daya tarik wisatawan dan pelestarian budaya di Kabupaten Karimun,” ujar Rafiq saat membuka festival.

Pantauan di lapangan, masyarakat dari berbagai kalangan dan berbagai etnis antusias menyaksikan acara. Mereka memadati lapangan Coastal Area mulai awal kegiatan hingga akhir. Atas sambutan meriah itu, Rafiq mengagendakan festival barongsai jadi acara rutin setiap tahun.

Sementara panitia dalam hal ini menghadirkan tiga orang juri profesional. Di antaranya utusan dari Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Jakarta dan Padang.

Keluar sebagai juara pertama adalah Bintan Dragon dan Lion Atletik Associaton Tanjungpinang dengan nilai 8,52. Perolehan nilai itu mampu mengungguli barongsai Zhu Yun Gong dari Singapura dengan nilai 8,46.

Selanjutnya juara tiga diraih barongsai Himpunan Cinta Teman dari Pekanbaru dengan nilai 8,42. masing-masing juara memperoleh hadiah jutaan rupiah termasuk tambahan dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang menambah Rp5 juta untuk masing-masing juara.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com