SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Film dengan Bahasa Cinta Nonverbal

  • Reporter:
  • Selasa, 13 Februari 2018 | 17:37
  • Dibaca : 184 kali
Film dengan Bahasa Cinta Nonverbal

FILM terbaru produksi MNC Pictures, Meet Me After Sunset, disebut sutradara Danial Rifki sebagai film drama percintaan remaja yang berbeda. Dalam film ini t id ak ada adegan mesra, seperti ciuman atau pelukan, juga diisi CGI dan animasi yang menguatkan cerita.

”Film ini berbeda dengan film percintaan pada umumnya. Dari awal film sampai terakhir, tidak ada adegan pelukan maupun ciuman. Saya mencoba menghadirkan kemasan baru, tetapi tetap ada unsur drama dan jalan cerita yang enak dinikmati,” kata Danial di sela-sela Gala Premier Meet Me After Sunset di CGV Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (9/2). Karena tidak ada kontak fisik, Danial memaksimalkan akting para pemainnya menggunakan ekspresi wajah dan bahasa tubuh. Menurutnya, dia ingin mengedukasi penonton bahwa perasaan cinta dan sayang tidak harus ditunjukkan secara harfiah.

“Penonton bisa melihatnya lewat film ini. Misalnya, ada adegan Vino dan Gadis sedang bertatap mata, dari situ penonton tahu kalau mereka sedang jatuh cinta,” ungkapnya. Vino dan Gadis adalah dua karakter utama dalam film ini. Gadis diperankan Agatha Chelsea, sedangkan Vino oleh Maximme Bouttier. Gadis adalah remaja yang hanya bisa keluar dari rumahnya setelah matahari tenggelam. Inilah yang membuatnya menjadi gadis misterius dan menarik perhatian Vino. Selain itu, ada satu tokoh pria lainnya yang dekat dengan Gadis, yaitu Bagas, diperankan Billy Davidson. Meski tidak ada adegan kontak fisik, Danial meyakinkan penonton bahwa film ini tetap diisi adegan-adegan baper. Selain itu, dalam penggarapan film berdurasi sekitar 90 menit ini, Danial juga menyebut dua kesulitan yang membuat film ini menantangnya.

“Pertama, film syuting saat siang hari, kemudian di layar harus terlihat seperti malam hari. Itu yang bikin cost production lumayan berat dan harus detail,” ungkapnya. Tantangan berikutnya adalah bahwa kru harus mengetahui perilaku jatuh cinta generasi milenial. “Jadi, saya cari atensi rasa ketika remaja dulu seperti apa. Ada usaha untuk kami flashback ke masa lalu untuk merasakan padanan rasa cinta dulu seperti apa. Jadi, menerjemahkan cinta remaja, tetapi tidak jatuh pada klise dan lebih puitis dengan hati,” tuturnya. Meski mengaku kesulitan dengan beberapa kendala yang dialami, Danial mengaku suasana syuting yang dilakukan di kawasan Ciwidey, Jawa Barat, cukup berkesan.

Terutama, tim bisa mengulik sisi kreativitas para artis, salah satunya Maximme yang ternyata mampu mengarang lagu. “Maximme menciptakan lagu sendiri untuk film ini. Jadi, ada adegan Maximme main ukulele itu benar Maximme yang buat musiknya saat syuting,” ucapnya. “Billy juga gitu . Karakter Billy Davidson dan Bagas itu beda banget dan kami surprisepas hari H dia bisa menyajikan karakter awkwarddan nerd, tidak jatuh pada nerd yang menyebalkan dan membosankan, tapi cute.

Chelsea juga, buat saya pribadi, punya magicalsmile,” bebernya. Sementara itu, untuk konsep bercerita, Danial dan timnya berusaha menampilkan keindahan yang puitis melalui gambar. “Kami bikin ada kunangkunang dan meteor, jadi seakan-akan seperti dunia dongeng,” ujarnya. Referensi yang digunakan untuk film ini pun beragam. Selain itu, penggunaan computer generated imagery(CGI) juga menjadi tantangan tersendiri karena membutuhkan waktu berbulan-bulan dalam pengerjaannya. Animasinya pun sudah dipersiapkan dari awal perencanaan film.

Selama proses syuting, Billy Davidson juga mengaku senang karena bisa bertanya kepada sutradara mengenai aktingnya. Sementara Agatha puas dengan hasil film ini. “Puas sih , karakter aku beda banget di situ sama aslinya. Pas syuting fun dan hasilnya fun banget,” kata dara kelahiran Bandung, 18 Desember 2001, tersebut Film yang skenarionya ditulis Haqi Ahmad ini juga dibintangi Feby Febiola, Yuda Keling, Iszur Muchtar, dan masih banyak lagi. Film akan tayang di bioskop pada 22 Februari 2018.

Thomasmanggalla

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com