SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Fokus Mendua

  • Reporter:
  • Selasa, 5 Desember 2017 | 18:02
  • Dibaca : 215 kali
Fokus Mendua

MANCHESTER – CSKA Moscow datang ke Manchester United (MU) pada situasi yang kurang ideal. Mereka datang ke Stadion Old Trafford saat tuan rumah sedang terbang ke awan.

Modal MU jelas, mereka baru saja mengem pas kan Arsenal dengan skor telak 3-1. Selain itu, The Reds Devils juga berhasil menundukkan Wat ford (4-2) dan Brighton & Hove Albion (1-0). Pendek kata, dalam tiga pertandingan, mereka belum ter sentuh kekalahan. “Kami akan segera menemukan momen terbaik kami. Kami berada di peringkat 2 dan sedang menuju puncak klasemen,” kata gelandang jangkar MU Ander Herrera. Memang, penampilan The Reds Devils tidak bisa dikatakan konsisten, termasuk pada ajang Liga Champions. Kekalahan 0-1 dari Basel (23/11) adalah indikasinya. Imbasnya, meski berada di puncak klasemen sementara Grup A, MU belum bisa memastikan tiket 16 besar.

Nasib Antonio Valencia dkk masih harus ditentukan saat melawan CSKA dini hari nanti. Mengantongi nilai 12, MU masih bisa digusur Basel yang berada di peringkat kedua (9 poin) dan CSKA (9) di posisi tiga . Jika The Reds Devils kalah, dan Basel me nundukkan Benfica, MU akan mengulangi kejadian dua musim lalu, gagal melewati fase grup. “(Jesse) Lingard sedang on fire, (Paul) Pogba juga selalu ba gus. (Romelu) Lukaku memang tidak mencetak gol, tapi dia banyak membantu tim. Tiga bek ter utama (Victor) Lindelof mulai bermain fantastis. Jadi, kami sangat optimistis,” ujar Herrera. Satu-satunya ganjalan MU adalah fokus yang mendua.

Penyebabnya, pekan depan me reka akan menjalani derby Manchester melawan Manchester City. Pemuncak klasemen se mentara Liga Primer itu berada dalam kondisi istimewa karena belum terkalahkan dalam 13 pertandingan terakhir di kompetisi Inggris. Situasi ini bisa membuat Pelatih Jose Mou – rinho harus membuat skala prioritas. Me nu run – kan pemain inti bisa membuat mereka ke lelahan ditambah ancaman cedera yang bisa me nambah daftar cedera setelah Pogba dipasti kan absen karena kartu merah. Memainkan pemain cadangan, ancaman kekalahan bisa membuat MU tersingkir dari Liga Champions.

“Saya tidak memikirkan hari Minggu. Sekarang ini tentang CSKA. Kami belum lolos, jadi kami belum memikirkan (Man) City,” ujar gelandang asal Argentina itu. Beruntungnya, Mou mulai terbiasa dengan bongkar-pasang pemain. Sepanjang empat per – tandingan pada Liga Champions, pelatih asal Portugal tersebut tidak pernah menurunkan komposisi pemain yang sama persis. Mou juga telah menggunakan tiga formasi berbeda, mulai 4-2-3-1, 3-4-2-1, sampai 4-3-3. Seringnya Mou mengubah formasi tak jarang mem buat rival kaget, termasuk Pelatih CSKA Viktor Goncharenko.

“Mourinho membuat saya ter – ke jut dengan formasinya, dan saya membuat ins – truk si kepada para pemain ketika saya melihat MU memakai tiga bek,” ujar Goncharenko setelah timnya dikalahkan MU 1-4. Sayang, instruksinya tidak mengubah apa pun. “Kami justru memberi mereka banyak ke bebas an, memungkinkan mereka untuk men cip takan banyak peluang di depan gawang dan kami mem buat banyak kesalahan setelah kehilangan bola,” ujarnya. (Ma’ruf )

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com