SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Fraksi PKS Minta Semua Pihak Serius Hadapi New Normal

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Mei 2020 | 09:29
  • Dibaca : 314 kali
Fraksi PKS Minta Semua Pihak Serius Hadapi New Normal

BATAM – Fraksi PKS DPRD Kota Batam meminta semua pihak serius menjalani protokol kesehatan agar program new normal benar-benar sukses dijalankan. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi lonjakan pasien positif korona setelah kebijakan tersebut diterapkan di Batam.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Batam Rohaizat mengatakan, pihaknya turut hadir dalam rapat koordinasi bersama Wali Kota Batam sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam Muhammad Rudi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan tokoh agama serta undangan lainnya di Panggung Engku Putri Batam Centre, kemarin.

Selanjutnya pihaknya juga bertemu dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam dan Forum Silaturahmi Perwakilan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kota Batam.

“Intinya saya melihat, semua pihak merasa bahagia bila di Batam terapkan new normal tanggal 15 Juni mendatang dengan membuka semua tempat ibadah, pusat-pusat keramaian, tempat-tempat usaha dengan syarat mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” katanya usai bertemu dengan MUI Batam dan DKM Batam di Batam Centre, Kamis (27/5/2020).

Menurutnya, perkembangan penularan Covid-19 saat ini sedang tinggi-tingginya. Oleh karena itu penerapan new normal sesuai arahan pemerintah pusat di Kota Batam menjadi pekerjaan berat bagi pemerintah daerah dan semua pihak dalam melakukan pengawasan di lapangan.

“Dan saya berharap semua unsur masyarakat bersama-sama saling mengawasi untuk kita semua mematuhi protokol kesehatan yg telah dibuat. Karena kalau pengawasan kita lemah, saya khawatir akan terjadi lonjakan yang sangat dahsyat dalam hal penularan virus ini,” ujarnya.

Fraksi PKS, katanya, juga telah meminta Wali Kota Batam untuk merevisi surat edaran terkait protokol kesehatan di masjid yang telah beredar. “Dan alhamdulillah wali kota sudah berjanji membaca ulang dan mereview surat yang beredar,” katanya.

Anggota Fraksi PKS DPRD Batam Siti Nurlaila menambahkan, bahwa syarat kemenangan Islam adalah persatuan umat jadi tetaplah bersatu. Kemudian adalah patuh pada imbauan ulama. Menurutnya, jika tidak percaya kepada MUI lalu pada siapa lagi umat mau percaya.

“Saya sudah menyampaiakan kepada wali kota Batam, bahwa umat Islam adalah umat paling patuh. Jadi tolong jangan lukai umat Islam dengan surat kaleng dan surat edaran lainnya, sayangilah umat Islam ini,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Fraksi PKS DPRD Batam lainnya, Muhammad Syafei. Ia mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada Wali Kota Batam agar membuat sistem kontrol perkembang Covid 19 di Kota Batam.

“Baik menjelang tanggal 15 Juni nanti maupun saat new normal nanti. Jadi ketika hasil kontrol tersebut ada lonjakan korban Covid-19 agar segera membuat kebijakan yang cepat dan tepat,” katanya.

Sementara itu Ketua MUI Kota Batam Usman Ahmad mengajak semua pihak untuk menentramkan umat Islam menjelang 15 Juni mendatang. Program new normal adalah momentum bersama untuk konsisten dan membuktikan umat Islam adalah masyarakat yang patuh.

“Bahwa kita bukan penyebar Covid-19. Maka teruslah menjaga diri dan keluarga. Menjaga persatuan,” kata Usman.

Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada Fraksi PKS DPRD Batam yang perduli dengan permasalahan umat Islam dan berharap semua pejabat juga melakukan hal yang sama.

“Tentang fatwa MUI, kami masih dengan fatwa yang lalu yakni mengimbau agar tetap solat di rumah. Namun kami tidak melarang untuk solat di masjid dengan catatan melakasakan protokol kesehatan,” katanya.

Iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com