SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gaji Kecil, Tunjangan Besar

Gaji Kecil, Tunjangan Besar

BATAM – Banyak kepala daerah di Indonesia meminta kenaikan gaji karena menganggap tak cukup di tengah banyaknya permintaan bantuan dari masyarakat. Bagaimana dengan kepala daerah di Kepri?

Mentari belum menampakkan diri, pria berjubah hitam dipadukan peci berwarna ungu tampak tegap melangkahkan kakinya ke Masjid Jamiatul Aula, Desa Sebong Lagoi Bintan, Sabtu (24/2/2018). Ia Gubernur Kepri Nurdin Basirun menjalani rutinitasnya setiap hari sebagai kepala daerah, mulai dari Safari Subuh hingga kegiatan lain yang bersentuhan dengan masyarakat. Tak hanya di satu tempat, kadang berpindah dari kabupaten satu ke kabupaten lain.

Dalam kunjungannya ke banyak tempat, seringkali Nurdin mendapatkan permintaan-permintaan dari masyarakat sekitar. Ia mengaku lebih dulu melihat permintaan tersebut dari segi urgensi dan manfaatnya. Untuk mewujudkan permintaan tersebut ia selalu menggunakan APBD yang ada, sehingga permintaan benar-benar diperhitungkan sesuai dengan anggaran yang ada. “Kalau memang dibutuhkan, ya kita bantu,” kata Nurdin, pekan lalu.

Nurdin melanjutkan, seringkali ia memberikan pengertian kepada masyarakat yang meminta bantuan. Karena masih banyak hal yang dapat diwujudkan dengan anggaran yang ada dibandingkan harus merealisasikan keinginan yang bersifat individual. Seperti membangun jalan, sekolah juga jembatan yang manfaatnya dapat dirasakan banyak orang. “Kalau tak ada ruang dan anggaran, kenapa harus dipaksa?” kata mantan Bupati Karimun ini.

Ia mengatakan, bantuan kebutuhan yang diminta oleh masyarakat sebenarnya bergantung pada kemampuan kepala daerah masing-masing. Baginya, tugas pokok setiap kepala daerah adalah menjalankan program yang pernah dijanjikan. “Jadi lakukan saja sesuai kemampuan yang ada, tak usaha dipaksakan. Karena dikhawatirkan akan terjebak (pada praktik korupsi) dan melanggar ketentuan dan peraturan yang ada,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com