SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gandeng Sekolah Swasta Atasi Polemik PPDB

  • Reporter:
  • Selasa, 13 November 2018 | 14:40
  • Dibaca : 67 kali
Gandeng Sekolah Swasta Atasi Polemik PPDB
ilustrasi

SEKUPANG – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Batam terus bermasalah setiap tahunnya. Minim jumlah sekolah negeri dan ruang kelas tak sebanding dengan banyak siswa yang akan masuk sekolah di setiap tahun ajaran baru. Menggandeng sekolah swasta diharapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Batam menjadi solusi untuk mengatasi masalah PPDB.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Hendri Arulan mengatakan, untuk PPDB tahun 2019 mendatang, Disdik akan mulai bergerak mulai awal tahun, dengan harapan PPDB pada Juni 2019 berjalan lancar.

Ia mengakui bahwa di tahun 2018 ini persiapan tiga bulan dalam PPDB masih kurang cukup. Oleh karena itu, jauh-jauh hari Disdik sudah harus mempersiapkan segala sesuatunya. Bahkan, Desember pun Disdik akan mulai berkordinasi dengan kepala sekolah per kecamatan.

“Kami juga koordinasi dengan unsur pendidikan lainnya. Kami siapkan data berapa yang akan masuk SD dan SMP,” ujarnya di Sekupang, Senin (12/11).

Menurut dia, di awal tahun 2019 pihaknya sudah mulai menjalankan formula yang tepat untuk mengatasi masalah PPDB. Akan tetapi, masih ada kendala seperti petunjuk teknis (juknis) dari pusat, yang biasanya datang di waktu-waktu mepet.

“Itulah yang kami persiapkan. Kami mulai jemput bola,” ujarnya.

Ia mengatakan, PPDB juga tak lepas dari peran serta orang tua. Disdik berharap agar sekolah negeri bukan satu-satunya tujuan bersekolah. Masih banyak sekolah swasta, yang prestasinya bagus-bagus.

“Jangan semuanya masuk Negeri. Kewalahan kami. Ketersediaan sekolah negeri terbatas. Kita manfaatkan swasta,” katanya.

Dalam penyiapan formula, Disdik juga akan menggandeng sekolah swasta. Hendri mengharapkan, sekolah swasta bisa ikut berkontribusi agar dalam PPDB mendatang tidak lagi terjadi masalah.

“Jadi swasta dan begeri bisa sama-sama jalan,” katanya.agung dedi lazuardi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com