SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gelar Pahlawan Nasional Asal Kepri Diarak Keliling Kota

  • Reporter:
  • Minggu, 12 November 2017 | 14:00
  • Dibaca : 89 kali
Gelar Pahlawan Nasional Asal Kepri Diarak Keliling Kota
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat mengarak piagam gelar pahlawan nasional untuk Sultan Mahmud Riayat Syah keliling kota.

PINANG – Penetapan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai pahlawan nasional disambut meriah masyarakat Kepri. Anugeerah ini disambut dengan arak-arakan keliling kota, adat Melayu, dan syukuran di Gedung Daerah.

Kemeriahan itu terlihat saat piagam gelar pahlawan nasional untuk Sultan Mahmud Riayat Syah diarak keliling kota. Ribuan masyarakat memadati sepanjang jalan yang dilalui iring-iringan pembawa piagam gelar pahlawan nasional, mulai dari Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) hingga Gedung Daerah Tanjungpinang.

Adapun rutenya dari Bandara RHF Tanjungpinang – Batu 10 – Jalan DI Panjaitan – Jalan Raja Haji Fisabilillah – Jalan Ahmad Yani – Jalan Basuki Rahmat – Jalan Wiratno dan Jalan Batu Hitam. Kemudian Jalan Teluk Keriting – Jalan Agus Salim – Jalan Tugu Pensil – Kantor Wali Kota (kantor lama) – RSUD Tanjungpinang – Jalan Ketapang – Polsek Kota – Jalan Merdeka dan Gedung Daerah. Selama melalui rute-rute tersebut, rombongan disambut masyarakat dan pelajar yang berbondong-bondong memenuhi tepi jalan untuk menyaksikan piagam pahlawan nasional.

Piagam gelar pahlawan itu dibawa Tengku Husein Saleh, ahli waris atau titisan ke-8 dari Sultan Mahmud Riayat Syah. Di Bandara RHF, Tengku Husein disambut langsung Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Sekdaprov Arif Fadilah, diiringi kompang yang dibawakan para personel TNI. Rombongan lalu memanjatkan doa selamat sebelum memulai iring-iringan menuju Gedung Daerah.

Nurdin mengatakan, pengorbanan para pahlawan untuk negeri ini harus diteruskan dengan mengisi pembangunan. Salah satunya dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuat Kepri semakin hari semakin baik. Ia berharap penobatan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai Pahlawan Bahari bisa memotivasi semangat masyarakat untuk membangun daerah.

“Anugerah ini menunjukkan ada tokoh Melayu Kepri yang menjadi panutan nasional. Ini harus menjadi penyemangat yang mendorong kita semua membangun Kepri semakin baik,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com