SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gesa Pembentukan BPBD Anambas

  • Reporter:
  • Kamis, 1 Agustus 2019 | 10:10
  • Dibaca : 131 kali
Gesa Pembentukan BPBD Anambas

ANAMBAS – Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Imran menggesa pengesahan panitia khusus (Pansus) Ranperda Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Anambas. Hal itu ia sampaikan saat memimpin rapat paripurna, Rabu (31/7).

“Kita berharap dengan adanya persetujuan bersama, maka semakin cepat BPBD dibentuk karena merupakan kebutuhan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini merupakan sebagian langkah yang penting untuk daerah kita yang termasuk memiliki kerawanan dalam bencana, ” kata Imran.

Ketua Pansus Ranperda Pembentukan BPBD, Yusli menyampaikan, sesuai dengan UU No 24 2007 dalam melaksanakan pelayanan perlu dibentuk BPBD. Hal ini sesuai dengan fakta wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas punya potensi bencana yang tinggi. Tekstur tanah yang rawan longsor yang berbatasan langsung dengan laut maka perlu dibentuk BPBD.

Adapun dalam bahasa bencana ada tiga tahap, fase tanggap bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Dalam pembahasan Ranperda merupakan identifikasi sesuai dengan Perda Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam pembentukan BPBD harus mengacu pada Undang-Undang 24/2007 tentang BPBD.

“Ini merupakan bagian dan langkah mekanisme pembentukan BPBD. Seperti kita ketahui daerah kita ini rawan terhadap bencana seperti yang terjadi beberapa waktu lalu,”ujarnya.

Rencana Perda BPBD, tambah Yusli, dari hasil konsultasi dan koordinasi tersebut pemerintah daerah agar segera menindaklanjuti dan melengkapi layaknya sebuah peraturan daerah sehingga kedepannya tidak mengalami masalah mengenai tugas dan fungsi yang berujung pada perubahan peraturan daerah.

“Pembentukan Ranperda sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku dan disetujui oleh fraksi PDIP Plus, Amanat Karya Indonesia Raya, PBB dan PPP plus dan diharapkan bisa disetujui sebagai Ranperda,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com