SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gesa Pengesahan Perda RZWP3K

  • Reporter:
  • Jumat, 22 Maret 2019 | 12:14
  • Dibaca : 156 kali
Gesa Pengesahan Perda RZWP3K
Ilustrasi foto ARRAZY ADITYA

PINANG – DPRD Provinsi Kepri di masa sisa waktu jabatan tahun 2019 ini akan menggesa menyelesaikan enam Program Legislasi Daerah (Prolegda) dan dapat disahkan menjadi Perda.

“Ada enam Progleda yang kita tergetkan akan digesa untuk diselesaika pada masa sidang kedua tahun 2019 ini,” kata Wakil Ketua II DPRD Kepri, Husnizar Hood di Tanjungpinang, Rabu (20/3).

Ia menyebutkan, keenam Prolegda yang menjadi target diselsaikan diantaranya adalah Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) yang belum tuntas dilakukan pada tahun sebelumnya. Selain itu tambah politisi Demokrat ini, DPRD Kepri akan menggesa Perda tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemprov Kepri Tahun Anggaran (TA) 2018. “Kami juga mengagendakan untuk menyelesaikan Perda tentang Laporan Hasil Pemeriksaan BPK dan Perda Rumah Bernuansa Melayu,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Perda RZWP3K, Iskandarsyah mengatakan sangat disayangkan apabila Perda RZWP3K tidak bisa dituntaskan pada tahun ini. Ia berharap, Gubernur Kepri Nurdin Basirun dapat melakukan upaya lobi-lobi ke Menteri Kelautan dan Perikanan. “Yang kita tunggu sekarang ini adalah Persetujuan Substansi (Persub) dari Kementerian KKP. Jika itu tidak kunjung terbit, tentu tak akan bisa ditetapkan oleh DPRD Kepri,” ujar Iskandarsyah.

Ia juga menyebutkan, didalam Ranperda RZWP3K tersebut menyangkut kepentingan strategis daerah. Yakni untuk mendukung visi misi Pemprov Kepri unggul di bidang maritim. Menurut Iskandar, ada beberapa poin-poin penting yang termaktub didalam Perda itu nanti. Pertama adalah menyangkut penetapan 400 hektare ruang laut yang diperuntukan bagi kepentingan budidaya perikanan.

Selain itu terangnya ada juga yang harus dimasukan dalam perda itu terkait penetapan wilayah konservasi dan ini menjadi poin penting yang harus dicantumkan. “Jika memang ada yang perlu diperbaiki nantinya, tentu bisa dilakukan namun harus menunggu setelah lima tahun,” ujarnya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com