SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gubernur Kepri Open House di Tiga Lokasi

  • Reporter:
  • Rabu, 28 Juni 2017 | 13:10
  • Dibaca : 720 kali
Gubernur Kepri Open House di Tiga Lokasi

KARIMUN- Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyatakan, momen Hari Raya Idul Fitri hendaknya dijadikan ajang untuk mempererat silaturahmi dan kebersamaan seluruh komponen masyarakat Kepri. Idul Fitri adalah momen bagi seluruh lapisan masyarakat untuk saling memaafkan dan menyatukan semangat serta cita-cita bersama.

“Mari kita pererat silaturahmi. Bangun kebersamaan. Semua untuk Kepri yang lebih rukun, semakin nyaman dan aman,” kata Nurdin saat menggelar open house di kediamannya, Tanjungbalai Karimun, Karimun, Selasa (27/6).

Karimun menjadi daerah ketiga digelarnya rumah terbuka (open house) oleh Gubernur Nurdin. Pada Lebaran pertama, open house digelar di Gedung Daerah Tanjungpinang hingga pukul 15.00. Keesokan harinya, ia menjalin silaturahmi dengan masyarakat Batam dan sekitarnya dengan menggelar open house di di Asrama Haji Batam Center.

Nurdin mengatakan, pelaksanaan open house di tiga tempat tersebut dalam rangka bersilaturahmi dengan masyarakat. Kesempatan tersebut juga digunakan untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak. Di setiap open house tersebut, masyarakat selalu ramai. Di Karimun, misalnya sejak pagi, sebelum open house dibuka, masyarakat sudah menyemut di kediaman pribadi Nurdin.

Mereka tampak tak sabar ingin bersalaman dengan Gubernur Nurdin dan keluarga besarnya. Sehari sebelumnya, pada 2 Syawal, beberapa di antara mereka sudah hadir, karena mengira open house digelar saat itu. Demikian juga saat Gubernur menggelar rumah terbuka di Batam dan Tanjungpinang.

Gubernur menunaikan salat Idul Fitri di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Tanjungpinang, Minggu (25/6) pagi.
Selain Nurdin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri TS Aris Fadillah juga menggelar open house di Tanjungpinang pada Lebaran pertama dan di Karimun pada Lebaran ketiga. Sebelum menggelar rumah terbuka, baik Nurdin dan Arif menghadiri malam takbiran di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Nurdin menyebutkan, kemenangan yang diraih di Idul Fitri ini adalah hasil perjuangan selama sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan.

“Mari kita jadikan momen Iedul Fitri ini untuk saling silaturahmi. Saling maaf-memaafkan. Di hari kemenangan ini, kami atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah Provinsi Kepri beserta jajaran mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Minal aidin walfaidzin, taqabbalallahi minna waminkum, taqabbal ya karim,” ucap Nurdin.

Tak hanya menggelar rumah terbuka, Nurdin juga mempererat silaturahmi dengan berkunjung ke rumah tokoh masyarakat dan Forum Komuninasi Pimpinan Daerah (FKPD). Hari pertama, ia berkunjung ke kediaman Danlantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut Ribut Eko di perumahan dinas TNI AL Jalan Sultan Abdul Rahman. Kemudian bersilaturahmi ke Markas Korem 033/ Wira Pratama di Senggarang. Di sini ia sudah ditunggu Danrem Brigjen TNI Fachri. Setelah berbincang sejenak dan menyantap makanan yang disajikan, Nurdin kemudian melanjutkan kunjungannya ke kediaman budayawan Rida K Liamsi.

Nurdin juga bersilaturahmi ke rumah Ketua BP3KR Huzrin Hood di Seijang dan ke kediaman Sekda Kepri TS Arif Fadillah yang juga sedang mengadakan openhouse. Selanjutnya ia menutup kunjungannya dengan mengunjungi kediaman Andi Anhar Chalid.

Di Lebaran kedua, setelah menggelar rumah terbuka di Batam, Nurdin bersilaturahmi ke kediaman Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian. Ia lalu bersilaturahmi ke Padepokan Sasono Punggowo bersilaturahmi dengan Wakil Gubernur Kepri 2010-2015 HM Soerya Respationo. Ia juga menyempatkan berziarah ke makam Rekaveny Soerya, anggota DPRD Batam yang juga istri mantan Wakil Gubernur Kepri tersebut.

Baik saat menggelar rumah terbuka, maupun berkunjung ke rumah kerabat, suasana penuh kehangatan dan kekeluargaan. Gubernur Nurdin dalam berbagai kesempatan selalu menyebutkan silaturahmi antar masyarakat Kepri harus terus dieratkan. Silaturahmi yang baik, akan membawa negeri ini semakin nyaman dan rukun.

“Karena itu, peluang-peluang silaturahmi harus diambil. Apalagi terus bersilaturahmi dengan masyarakat,” kata mantan Bupati Karimun ini.

Pada tiap kesempan rumah terbuka, Gubernur Nurdin selalu berinteraksi mendatangi masyarakat. Baik di meja-meja, yang sedang menyantap menu maupun mereka yang baru tiba. Nurdin juga ikut bermain musik marawis dengan memukul gendang.

Di Karimun, Gubernur Nurdin ikut menyajikan makanan untuk mereka yang datang saat rumah terbuka. Ia tampak memasak beberapa keping prata dan diserahkan kepada masyarakat yang hadir.

Adapun Sekda Arif mengatakan, rumah terbuka merupakan tradisi yang bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan. Rumah terbuka merupakan sebuah budaya yang besar di kalangan muslim Indonesia dan harus tetus dilakukan agar masyarakat bisa saling berinteraksi dengan para pemimpinnya.

“Selain hablulminallah kita juga harus meningkatkan hablulminnas dengan cara menyambung tali silaturahmi,” kata Arif.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com