SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gubernur Minta Proyek Strategis di Kepri Dipercepat

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Mei 2019 | 15:16
  • Dibaca : 142 kali
Gubernur Minta Proyek Strategis di Kepri Dipercepat
Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu di acara buka puasa bersama Ketua DPD RI Oesman Sapta di Kuningan Jakarta, Rabu (15/5). /HUMAS PEMPROV KEPRI

JAKARTA – Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu di acara buka puasa bersama Ketua DPD RI Oesman Sapta di Kuningan Jakarta, Rabu (15/5) petang. Dalam pertemuan singkat itu, Nurdin meminta Presiden mempercepat rencana proyek strategis di Kepri.

“Kita minta proyek-proyek strategis dipercepat. Juga dukungan regulasi terhadap banyak hal. Apalagi terkait investasi dan kepariwisataan,” kata Nurdin usai bertemu dengan Jokowi.

Nurdin dan Jokowi hanya berbicara sebentar. Mereka ngobrol sambil berjalan beriringan didampingi Oesman Sapta. Mendengar permintaan Nurdin, Jokowi langsung memanggil Mensesneg Praktikno yang berjalan di belakangnya. Jokowi pun meminta Mensesneg segera mengatur pertemuan antara dirinya dengan Gubernur Kepri itu.

Menurut Nurdin, pertemuan itu nantinya akan membahas kelanjutan pembangunan strategis di Kepri yang banyak terkait dengan Jakarta. Baik yang bersumber dari APBN maulun yang terkait dengan regulasi.

Nurdin berharap pertemuan itu secepatnya digelar. Apalagi Jokowi antusias begitu dia membicarakan tentang Kepri. Jokowi memberi perhatian khusus pada proyek Jembatan Batam-Bintan. Proyek ini salah satu yang disetujui Jokowi tahun lalu. Untuk memastikan itu, Jokowi malah sudah menjanjikannya saat ke Batam, awal April lalu.

“Pak Presiden komit dengan janjinya untuk Kepri. Kita berharap semuanya berjalan lancar,” kata Nurdin.

Tentang Jembatan Batam Bintan, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo bahkan sudah mendapatkan DED terbaru dari Kepri. Dari DED terbaru, biaya yang dibebankan untuk pembangunan jembatan ini tidak terlalu tinggi, karena adapemanfaatkan teknologi dan lainnya.

Sebelumnya, ada tujuh proyek strategis yang sudah direstui Presiden Jokowi dalam pertemuan tahun lalu. Proyek-proyek itu adalah Pembangunan Jembatan Batam Bintan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjungsauh, KEK Galang Batang, KEK Pulau Asam, Pengembangan Pelabuhan Batuampar, Pengembangan dan Modernisasi Bandara Hang Nadim dan Pembangunan Batam LRT (Light Rapit Transit).

Galang Batang merupakan salah satu proyek strategis yang direstui Presiden Jokowi dan sudah berjalan lancar. Proyek lainnya terus digesa dan disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Malah, tentang Jembatan Batam-Bintan, Presiden Jokowi sudah langsung mengumumkannya di Batam akhir Maret lalu.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com