SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gubernur Minta Relang Dikelola Pemko Batam

  • Reporter:
  • Jumat, 31 Maret 2017 | 15:38
  • Dibaca : 358 kali
Gubernur Minta Relang Dikelola Pemko Batam
Ratas Presiden Jokowi bahas Rempang Galang. Foto Istimewa.

SINDOBATAM – Gubernur Kepri Nurdin Basirun meminta kepada Presiden Joko Widodo agar pengelolaan Rempang dan Galang (Relang) diserahkan ke Pemko Batam.

“Saya tawarkan ke pak Presiden. Kan boleh saja kita menawarkan,” katanya di Batam Centre, Jumat (31/3/2017).

Menurut dia, wacana Relang menjadi Kawasan Ekonom Khusus (KEK) itu sudah pernah disampaikan kepada Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (DK PBPB Batam) Darmin Nasution beberapa waktu lalu dan mendapatkan persetujuan.

“Kepada Presiden juga kami meminta agar urusan perumahan atau permukiman dikelola pemerintah daerah. Sementara industri oleh BP (Badan Pengusahaan) Batam,” katanya.

Presiden kata Nurdin, akan membagi wilayah kerja Pemko Batam dan BP Batam. Hal itu bertujuan agar pengusaha mendapatkan kepastian dalam berinvenstasi di Kepri, khususnya Batam serta untuk meningkatkan perekonomian.

“Jadi bukan satu atap lagi. Tapi satu hati,” katanya.

Nurdin mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Batam mengalami perlambatan signifikan. Padahal Batam daerah yang menjadi andalan Kepri.

Merosotnya perekonomian di Batam dipengaruhi beberapa faktor seperti tarif Uang Wajib Tahunan (UWT) yang tinggi. “Meski ada perubahan. Tapi pengusaha kecewa. Susah lagi kita menyakinkan mereka lagi,” katanya.

Selain itu, Nurdin juga menawarkan beberapa daerah lain seperi Lingga, Natuna dan Anambas menjadi KEK Pariwisata. “Saya berharap Batam ini seperti dua sisi mata uang yang saling membutuhkan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com