SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gubernur Tinjau Pembangunan Pelantar II, Penopang Ekonomi Tanjungpinang

  • Reporter:
  • Senin, 16 Juli 2018 | 10:24
  • Dibaca : 316 kali
Gubernur Tinjau Pembangunan Pelantar II, Penopang Ekonomi Tanjungpinang
Gubernur Kepri Nurdin Basirun meninjau pembangunan Pelabuhan Pelantar II Tanjungpinang, Minggu (15/7). /HUMAS PEMPROV KEPRI

PINANG – Gubernur Kepri Nurdin Basirun menggesa pembangunan Pelabuhan Pelantar II Tanjungpinang. Ia ingin pembangunan ini sesuai rencana dan tepat waktu.

“Apalagi pelabuhan merupakan akses penting untuk daerah Kepulauan,” ujar Nurdin saat meninjau pembangunan Pelantar II, Tanjungpinang, Minggu (15/7/2018).

Menurut Nurdin, pembangunan dermaga harus bagus sesuai dengan yang dicanangkan demi ekonomi masyarakat. Beberapa hal mesti diperhatikan seperti kedalaman air harus mampu menampung kapal kapal kargo yang besar.

“Dermaga ini harus mampu menjadi penopang ekonomi nantinya, dan ini juga harus diperhatikan pasang surut terendah dan tertinggi agar kapal kargo dengan GT (gross tonnage) besar bisa sandar,” kata Nurdin.

Selain itu, terkait parkiran dan aktifitas lainnya seperti klenteng, Nurdin juga minta agar pembangunan dermaga tersebut diatur sedekemian rupa. “Tempat parkir dibuat juga untuk masyarakat yang ingin berkunjung ke klenteng, dan aktifitas bongkar muat pun tidak tergangggu,” katanya.

Di kesempatan itu, Nurdin juga meninjau kerangka-kerangka yang sudah siap diikat, yang mana kerangka ini menjadi kekuatan bangunan dermaga tersebut. “Ini yang sudah siap dicor agar diawasi supaya ketahanannya sesuai dengan spesifikasi dan tidak terbentur dengan hukum,” tegas Nurdin.

Nurdin berharap, pengerjaan tersebut selesai tepat waktu. Agar ekonomi masyarakat dan aktifitas bongkar muat cepat terlaksanakan. “Mudah-mudahan ini sesuai waktu dan cepat dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Selesai Desember

Pelabuhan ini ditargetkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri selesai Desember, akhir tahun ini. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri Jamhur Ismal mengatakan, pembangunan lanjutan dengan pekerjaan pemancangan tiang itu sebelumnya memang terkendala karena masih ada aktivitas bongkar muat di pelabuhan tersebut.

“Dengan koordinasi yang dibangun, kita sudah bisa melanjutkan pembangunannya,” kata Jamhur, belum lama ini.

Jika pelabuhan ini selesai, maka Pelabuhan Pelantar I dan II akan tergabung sehingga memiliki panjang dermaga 213 meter dan mampu menampung kapal berkapasitas 1.000 GT. Selain itu, akan disiapkan tempat pompong agar masyarakat bisa berlabuh di Pelantar II ini.

Proyek yang menelan anggaran sebesar Rp29 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang memindahkan aktivitas bongkar muat dari Pelabuhan Pelantar II ke Pelabuhan Tanjungunggat. “Kita sama-sama mendukung pembangunan Pelabuhan Pelantar II itu agar ke depan lebih baik dan lebih luas,” kata Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza.

fadhil/sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com