SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Hari Bhayangkara ke-73, Polres Bintan Luncurkan 3 Aplikasi Layanan Berbasis Online

  • Reporter:
  • Rabu, 10 Juli 2019 | 19:33
  • Dibaca : 97 kali
Hari Bhayangkara ke-73, Polres Bintan Luncurkan 3 Aplikasi Layanan Berbasis Online
Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang didampingi sejumlah Pimpinan Instansi se-Bintan saat meluncurkan aplikasi layanan masyarakat berbasis online. /NOVEL M SINAGA

BINTAN – Polres Bintan meluncurkan tiga aplikasi layanan online pada puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-73 di Mako Polsek Bintan Utara, Rabu (10/7). Tiga aplikasi itu; SPKT, Sislinar, dan Silabin.

Berbagai rangkaian kegiatan acara pun digelar, sehingga puncak acara ini benar-benar hikmat dan meriah, mulai dari pemberian penghargaan kepada personel Polri yang bertugas di Polres Bintan oleh Kapolri berupa Bintang Bhayangkara Nararya yang memiliki prestasi dan pengabdian yang tinggi dalam menjalankan tugas, hingga pemberian sejumlah hadiah kepada para peserta lomba baik dari Anggota Polri dan juga warga masyarakat Bintan yang menjadi juara dalam berbagai perlombaan yang digelar selama sebulan terakhir untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-73 ini.

Dalam puncak perayaan, Polres Bintan juga meluncurkan terobosan dan inovasi baru untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan tugas dan fungsi Polri kepada masyarakat khususnya masyarakat Bintan dengan membangun sistem pelayanan berbasis online, untuk menjawab tantangan di era digital yang semakin berkembang. Adapun jajaran Polres Bintan memperkenalkan tiga aplikasi online berbasis android kepada masyarakat.

Aplikasi pertama yakni Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Pada aplikasi ini, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi jika ingin melaporkan berbagai hal, seperti misalnya kehilangan STNK kendaraan, SIM, KTP, ATM dan sebagainya.

Selanjutnya, aplikasi kedua bernama Sislinar luncuran dari Satres Narkoba Polres Bintan. Aplikasi ini dibuat untuk masyarakat ketika menemukan adanya tindak pidana penyalahgunaan narkotika di lingkungan sekitar, termasuk keresahan masyarakat bila melihat sekumpulan pemuda yang sedang mabuk lem. Dengan begitu, petugas Satres Narkoba Polres Bintan akan menindaklanjuti laporan/aduan dari masyarakat tersebut.

Sedangkan, aplikasi yang ketiga yaitu aplikasi Silabin yang dirancang jajaran Satlantas Polres Bintan.Dimana pada aplikasih masyarakat mudah untuk memberikan informasi kepada pihak kepolisian perihal berlalulintas. Seperti laporan kecelakaan, jalan rusak dan sebagainya. Tidak hanya itu, untuk pelayanan SIM online juga disajikan aplikasi yang bisa didownload di play store dan app store secara gratis.

“Aplikasi yang terintegrasi dengan jajaran Satlantas Polres Bintan itu mudah dioperasikan oleh penggunanya. Sebab masyarakat cukup hanya menekan tombol yang tersedia, masyarakat bisa melaporkan bila menemui kecelakaan lalu lintas maupun jalan rusak supaya cepat ditangani,” ujar Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Cut Putri Amelia Sari.

Pada kesempatan itu, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menuturkan, bahwa dirinya mengaku bahagia karena bisa membuat terobosan demi mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

“Di masa sekarang ini,segala pelayanan harus cepat,tepat dan terpercaya.Karena itu Polres Bintan terus berbenah diri dan membuat terobosan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat,”tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Bintan Apri Sujadi juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Polres Bintan dalam rangka memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat. Untuk menunjang layanan berbasis online tersebut, pemerintah daerah setempat dalam hal ini Pemkab Bintan siap mendukung. Bukan hanya itu, kedepan pihaknya akan berusaha membangun jaringan internet secara meluas, sehingga segala layanan berbasis internet bisa berfungsi optimal.

“Kita telah berkoordinasi dengan pihak telkom untuk membangun jaringan dibeberapa daerah yang susah sinyal. Supaya kedepan jaringan telekomunikasi didaerah kita bisa optimal,”tutupnya.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com