SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Haripinto Dorong Pelabuhan Tanjungbatu Dipindahkan

  • Reporter:
  • Senin, 11 Februari 2019 | 10:10
  • Dibaca : 127 kali
Haripinto Dorong Pelabuhan Tanjungbatu Dipindahkan
Anggota DPD RI asal Kepri Haripinto Tanudwidjaja berdiskusi dengan pengusaha kapal di pelabuhan bongkar muat Tanjungbatu. f istimewa

KARIMUN – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Kepri Haripinto Tanuwidjaja mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri untuk memindahkan pelabuhan bongkar muat Tanjungbatu ke lokasi yang lebih luas lagi. Saat ini, kondisi pelabuhan sudah tidak memadai karena proses bongkar muat untuk satu kapal baru bisa dilakukan setelah delapan hari.

Salah satu pengusaha di Tanjungbatu, Edy mengatakan kondisi kapal cargo saat melakukan aktivitas bongkar muat hanya satu saja. Jika seandainya ada empat kapal yang masuk sekaligus bisa dipastikan pada posisi kapal keempat baru dapat dilakukan pembongkaran paling cepat pada minggu keempat. Dengan kondisi demikian, para pemilik kapal dihadapkan dengan posisi sulit, di sisi lain pihak jasa anggkut harus mengeluarkan biaya tinggi dan bertanggunggungjawab atas kondisi barang. “Pelabuhan Tanjungbatu tidak bisa dilakukan perluasan karena posisi pelabuhan sangat dekat dengan pelabuhan domestik. Sehinga solusi terbaiknya harus dilakukan pemindahan,” katanya.

Dalam kunjungan kerja ini, Haripinto diajak untuk melihat langsung kondisi aktivitas bongkar muat pelabuhan dan meminta penjelasan tentang kondisi dan kesulitan yang dihadapi para pihak kapal yang sedang beraktivitas. “Di sini antrenya luar biasa. Kapal saya masih kapal kecil pernah antre hingga delapan hari baru bisa bongkar. Selama itu bisa kita bayangkan biaya yang kita keluarkan. Jadi memang sudah sebaiknya dipindahkan,” kata Edy.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun, kata dia, pernah melakukan kunjungan ke dermaga bongkar muat tersebut. Pada saat itu, Nurdin menyampaikan telah meninjau rencana pemindahan pelabuhan bongkar muat tersebut ke daerah Sengkua, di mana lokasi tersebut sudah memiliki gudang dan area yang luas, sehingga hanya tinggal membangun dermaga saja. “Pengusaha siap pak, tinggal bagaimana sikap dari pemerintah saja. Intinya memang dermaga ini sudah sangat prioritas sebenarnya,” ujar salah satu pengusaha lainnya.

Sementara itu, Haripinto mendorong Pemkab Karimun dan Pemprov Kepri untuk mencari solusi yang terbaik. Menurut dia, kondisi pelabuhan bongkar muat di Tanjungbatu sudah menjadi persoalan serius secara ekonomi. Persoalan-persoalan yang disampaikan pengusaha menyebabkan penambahan biaya yang lebih tinggi.

“Pada akhirnya membebani masyarakat dan tentu menghambat pertumbuhan perekonomian di Kepri. Saya akan komunikasi dengan Pemprov dan menanyakan rencana mereka terkait hal ini. Apalagi sudah pernah direncanakan pemindahannya. Kan lokasi sudah ada tinggal keseriusan pemerintah saja. Memang waktu kita meninjau pelabuhan tersebut sudah sepantasnya untuk dilakukan pemindahan,” katanya. ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com