SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Haris Segera Lantik Kepala Desa

  • Reporter:
  • Kamis, 6 Desember 2018 | 14:09
  • Dibaca : 55 kali
Haris Segera Lantik Kepala Desa
Bupati Anambas, Abdul Haris. / Dok SINDO BATAM

ANAMBAS – Bupati Kabupaten Anambas Abdul Haris segera melantik Kepala Desa (Kades) yang terpilih saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar Oktober 2018 lalu. Untuk tahap awal, ada tujuh Kades yang dilantik yang terdiri dari lima Kades di Kecamatan Siantan dan dua Kades di Kecamatan Siantan Tengah.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Anambas Ody Karyadi mengatakan, pelantikan Kades di Desa Pesisir Timur, Desa Sry Tanjung, Desa Tarempa Barat Daya, Desa Tarempa Timur dan Desa Tarempa Selatan akan dilaksanakan pada 7 Desember 2018.

“Sedangkan Kades di Desa Liuk dan Desa Teluk Sunting akan dilantik pada 8 Desember 2018. Ini sudah kita atur jadwal semoga semuanya berjalan lancar,” kata Ody, Rabu (5/12).

Pelantikan tersebut, kata dia, harus segera dilaksanakan karena sesuai peraturan, pelantikan maksimal dilakukan 30 hari setelah hasil pemilu ditetapkan. Ia berharap agar Kades yang dilantik dapat bekerja dengan maksimal dalam menjalankan program pembangunan desa.

“Menurut bagian hukum, penetapan SK Kepala Desa pada 6 Desember 2018. Jadi kita sesuaikanlah dengan jadwal sehingga sesuai dengan prosedur yang berlaku,” katanya.

Ody memastikan seluruh Kades yang terpilih akan dilantik sebelum akhir tahun ini. Saat ini, sebagian desa dipimpin oleh Penanggung jawab (Pj) dan Kades dengan Pergantian Antar Waktu (PAW). “Tahun depan Kepala Desa yang ikut Pilkades serentak sudah defenitif. Kita berharap mereka sudah bisa bekerja dengan maksimal,” katanya.

Sementara untuk Desa Payakmaram Kecamatan Palmatak yang sebelumnya ada permasalahan, kini sudah selesai dan sudah ada Kades yang terpilih secara definitif. “Desa Payakmaram tidak ada persoalan lagi tinggal menunggu waktu pelantikan saja,” ujarnya.

Untuk diketahui, ada 22 desa yang menggelar Pilkades pada gelombang kedua. Hanya Kecamatan Jemaja Timur yang tidak melaksanakan pemilihan Kades. jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com