SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Harus Untung Malah Buntung

  • Reporter:
  • Senin, 28 Agustus 2017 | 14:30
  • Dibaca : 179 kali
Harus Untung Malah Buntung
kantor-PT-Pembangunan-Kepri-di-Jalan-DI-Panjiatan-Batu-7-No-28-Tanjungpinang. / SUTANA

PINANG – Hampir semua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kepri tak bisa diandalkan menyumbang pendapatan ke daerah. Termasuk PT Pembangunan Kepri yang dimodali Rp14 miliar saat berdiri 2006 lalu, ternyata kini menanggung utang hingga Rp12 miliar.

Dari luar, kantor PT Pembangunan Kepri di Jalan DI Panjaitan Batu 7, Tanjungpinang, terlihat selalu tertutup. Tak banyak aktivitas. Jarang terlihat ada karyawan yang keluar masuk. Praktis, meski rolling door kantor itu terbuka, suasananya seperti kantor mati.

Saat KORAN SINDO BATAM bertandang ke sana, pekan lalu, sama sekali tak ada pegawai di dalamnya. Ada sejumlah ruang yang dipisahkan sekat dengan meja sedikit berdebu.”Karyawan hanya empat orang. Lagi di lapangan,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Kepri Rudianto Ruben.

Kantor berlantai tiga itu statusnya sewa dengan tarif Rp40 juta per tahun. Desember nanti, sewanya berakhir dan BUMD Kepri itu harus membayar lagi jika ingin memperpanjang masa sewanya. Masalahnya, PT Pembangunan Kepri sedang disorot. Terancam akan dibubarkan jika tak kunjung memberi keuntungan bagi kas Kepri.

Rudianto mengaku pasrah. Sejak pertama menjabat tahun 2014 lalu, dia sudah ketiban utang Rp10 miliar dari kepengurusan sebelumnya. Setelah ditelusuri, sejak tahun 2009 hingga 2010, ternyata PT Pembangunan Kepri juga memiliki hutang pajak Rp5 miliar lebih. Selain itu, BUMD Kepri itu juga harus membayar denda pajak lebih kurang sebesar Rp5 miliar. Belum termasuk tagihan datang yang totalnya mencapai Rp2 miliar. “Saya juga tidak tahu utang apa sebesar Rp2 miliar itu. Sebab dalam laporan tidak ada data lengkapnya. Jadi utang PT Pembangunan Kepri ini mencapai Rp12 miliar lebih,” kata Rudianto, Minggu (27/8).

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com