SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Hasil Pilkades Bintan Buyu Akhirnya Dihitung Ulang

  • Reporter:
  • Senin, 22 Mei 2017 | 10:45
  • Dibaca : 274 kali
Hasil Pilkades Bintan Buyu Akhirnya Dihitung Ulang
Ketua Panitia Pilakdes Abdul Karim memaparkan kronologis Pilkades Bintan Buyu, Teluk Bintan di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, beberapa waktu lalu.dok sindo

TELUK BINTAN – Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) tingkat kabupaten memutuskan penghitungan ulang terhadap hasil Pilkades Bintan Buyu yang dijadwalkan Senin (22/5).

Panitia Pilkades tingkat desa bersama seluruh pihak terkait, seperti panitia tingkat kabupaten, kecamatan, para calon kades, saksi, KPPS, akan menghitung ulang surat suara yang tersimpan dalam 8 kotak di Kantor Camat Teluk Bintan pada pukul 13.00.

Kabag Pemerintahan Pemkab Bintan Bambang Sugianto mengatakan, berdasarkan pemeriksaan, Bagian Hukum Pemkab menemukan ada beberapa pelanggaran prosedural dilakukan panitia tingkat desa. Di antaranya pada saat penghitungan suara di tingkat TPS, para saksi tidak diberikan salinan berita acara. Kemudian pada saat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat desa, terkesan dipaksakan.

“Karena panitia tidak memberikan kesempatan kepada pihak yang pada saat itu calon nomor urut 2 Khapizul Anhar mengajukan keberatan,” ujar Bambang.

Dia mengatakan, semua tanggungjawab terhadap hasil penghitungan ulang surat suara di kantor kecamatan akan menjadi tanggung jawab panitia desa. Apalagi, pada saat panitia tingkat kabupaten meminta kepada panitia desa menyerahkan kotak suara ke kecamatan, kondisi kotak suara tidak tersegel. “Untuk pelantikan kepala desa terpilih akan kita gelar setelah Lebaran,” katanya.

Sebelumnya, perselisihan pelaksanaan Pilkades Bintan Buyu bermula ketika calon nomor urut 2 Khapizul Anhar yang meraih suara 487 suara keberatan dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara pada 27 April lalu yang memenangkan calon nomor urut 3 Sunardi dengan raihan 494 suara.

Namun, keberatan yang dilayangkan pihak Khapizul Anhar tidak digubris panitia tingkat desa yang diketuai Abdul Karim. Selain itu, berita acara rekapitulasi penghitungan suara yang dilukakan panitia desa juga mendapat penolakan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bintan Buyu. Karena pada saat rekapitulasi usai pencoblosan, banyak pihak yang tidak menghadiri termasuk dari calon nomor urut dua dan pihak BPD.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com