SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Hasnidar Pimpin DPRD Anambas

  • Reporter:
  • Jumat, 18 Oktober 2019 | 10:35
  • Dibaca : 111 kali
Hasnidar Pimpin DPRD Anambas
Tiga pimpinan DPRD Anambas, Ketua Hasnidar, Wakil Ketua I Syamsil Umri dan Wakil Ketua II Firdiasyah dilantik dalam rapat paripurna di Sekretariat DPRD Anambas, Kamis (17/10). /JHON MUNTHE

ANAMBAS – Politisi PPP, Hasnidar, dilantik jadi Ketua DPRD Anambas periode 2019-2024. Perempuan pertama duduk di kursi pimpinan ini ditetapkan dalam rapat paripurna di Sekretariat DPRD Anambas, Kamis (17/10).

“Untuk kebaikan Anambas, kami siap bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Hasnidar.

Hasnidar menyinggung kalau DPRD saat ini bukan anti kritik. Justru dia berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar memberikan saran, masukan dan kritik demi kebaikan bersama.

“Kami membuka diri dan kami tidak anti kritik, tentunya untuk kemajuan Kabupaten Kepulauan Anambas,” ujarnya.

Selain Hasnidar sebagai Ketua, juga dilantik Wakil Ketua I Syamsil Umri dari PDI Perjuangan dan Wakil Ketua II Firdiasyah dari PAN.

Sementara itu, Asisten I Pemprov Kepri Raja Aliza menyampaikan, Pimpinan DPRD Anambas harus mengutamakan kepentingan masyarakat ketimbang kepentingan kelompok atau politik.

“Tugas dan fungsi DPRD ada tiga yaitu legislasi, penganggaran dan pengawasan. Dalam ketiga tugas dan fungsi itu, Pimpinan DPRD harus mementingkan kepentingan masyarakat, meningkatkan kualitas rakyat, dan meningkatkan perekonomian masyarakat. DPRD harus bisa mengutakamakan rakyat, “ujar Raja Aliza.

Raja Aliza juga menerangkan eksekutif dan legislatif merupakan mitra kerja dalam menyelenggarakan roda pemerintahan. Maka, dibutuhkan sinergi dan keharmonisan hubungan DPRD dengan Pemkab Anambas.

“Tujuannya agar bisa memaksimalkan anggaran untuk program strategis, meningkatkan pelayanan pada dunia pendidikan dan kesehatan, serta meningkatkan sumber daya manusia,” katanya.

Bentuk Alat Kelengkapan Dewan

Usai pelantikan, Hasnidar langsung mengusulkan agar Alat Kelengkapan Dewan (AKD) segera dirapatkan. Hasnidar berharap jika AKD telah terbentuk bisa langsung melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Kita berharap hari ini (kemarin) bisa selesai sehingga langsung bisa melaksanakn tugas sesuai dengan tupoksinya,” ujar Hasnidar.

Hasnidar juga menyampaikan, AKD yang akan dibentuk Badan Anggaran (Banggar), Komisi-Komisi, Badan Kehormatan (BK) dan lainnya. Agar hal itu segera terealisasi, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan masing-masing ketua fraksi, yang kemudian menghubungi anggotanya.

“Terdapat lima fraksi yang ada di DPRD Anambas antara lain, Fraksi PPP Plus, PDI Perjuangan, PAN, BNI, dan Karya Indonesia Raya,”ucapnya.

Setelah AKD selesai dibentuk, tambahnya, maka akan dilaksanakan rapat kerja, hal ini dilakukan karena ada beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang masih belum rampung pada priode lalu.

“Ini akan segera kita rampungkan agar dapat dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Hasnidar juga mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membahasa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 mendatang. Karena KUA PPAS sudah disampaikan Pemerintah Daerah.

“KUA PPAS sudah disampaikan, hanya nota keuangan yang belum sempat dibahas karena baru pelantikan. Selesai ini langsung kita lanjutkan kerja,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com