SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Haul Akbar Batam, Jemaah Malaysia dan Singapura Ikut Doa

  • Reporter:
  • Senin, 10 April 2017 | 12:39
  • Dibaca : 813 kali
Haul Akbar Batam, Jemaah Malaysia dan Singapura Ikut Doa
Haul Akbar Batam ke 7 yang dipimpin oleh Habib Achmad Bin Zein Al-Kaf di Dataran Islamic Center. Foto Ahmad Rohmadi.

BATAM KOTA – Puluhan ribu umat Islam menggelar doa serta zikir bersama di Dataran Islamic Center, Masjid Raya Batam, Minggu (9/4). Mengenakan pakaian serba putih dengan duduk bersimpuh, para jemaah yang datang dari berbagai kabupaten/kota di Kepri tampak khusyuk bersalawat dan memanjatkan doa kepada Allah.

Doa dan zikir bersama dipimpin oleh pengurus Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Habib Achmad bin Zein Al-Kaff serta didampingi sejumlah tokoh dan ulama lainnya. Kegiatan yang dikenal dengan sebutan haul akbar ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh majelis zikir Al-Khidmah Kota Batam.

“Ini haul akbar yang ketujuh kalinya. Alhamdulilah setiap tahun jemaah yang ikut doa dan zikir terus bertambah,” kata Ketua Panitia Haul Akbar Batam ke-7, Zainuddin.

Haul akbar merupakan acara tahunan majelis kirim doa kepada para pejuang bangsa, leluhur, para sesepuh, pemimpin dan orangtua. Kegiatan ini juga bertujuan agar Batam dan Kepri diberikan ketentraman, aman dan kondusif. Para pemimpin bisa menjalankan tugasnya dengan amanah dan semakin dicintai rakyat.

Kegiatan digagas pertama kali pada 2010 lalu dengan dihadiri jemaah sekitar 1.000 orang. Seiring berjalannya waktu jemaah terus bertambah dan pada haul akbar yang ketujuh ini dihadiri lebih dari 40.000 jemaah. Tidak hanya masyarakat Kepri, tapi jemaah dari Malaysia dan Singapura turut hadir.

“Tidak sedikit juga jemaah yang datang dari Surabaya, Semarang, Makasar, Jakarta dan Lamongan. Mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan untuk bisa terus menjalankan kegiatan doa dan zikir bersama ini,” katanya.

Habib Achmad bin Zein Al-Kaff mengatakan, sekitar 15 abad yang lalu Nabi Muhammad SAW berkata kepada para sahabat dan umatnya apabila ada umat Islam yang melawati taman surga hendaknya ikut bergabung dan bersama-sama memanjatkan doa bersama.

Kemudian para sahabat bertanya apa yang dimaksud dengan taman surga. Rasul pun menjelaskan bahwa taman surga adalah dimana ada majelis berzikir bersama dan atas izin Allah zikir yang baca bersama akan diterima Allah dan mendapatkan pahala serta pengampunan Allah sebagaimana yang telah dijanjikannya. “Karena itu, marilah kita terus memanjatkan doa dan jangan pernah berhenti untuk berzikir kepada Allah,” katanya.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyambut baik kegiatan doa dan zikir bersama di Batam. Dia berharap melalui kegiatan ini bisa terus mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat. Sehingga dijauhkan dari persoalan-persoalan yang dapat memecah persatuan bangsa.

Nurdin berjanji ke depan Pemprov Kepri akan mendukung penuh. Itu sebabnya pihaknya juga berharap doa dan zikir bersama ini bisa terus dilaksanakan guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

“Pemerintah mohon maaf kalau selama ini belum maksimal dalam menjalankan tugasnya. Tapi tentu kami berharap ke depan semua bisa menjadi lebih baik lagi,” kata Nurdin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com