SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Hitung Ulang Ricuh, Sunardi Menangkan Pilkades Bintan Buyu

  • Reporter:
  • Jumat, 26 Mei 2017 | 10:58
  • Dibaca : 701 kali
Hitung Ulang Ricuh, Sunardi Menangkan Pilkades Bintan Buyu
Wakil Ketua Panitia Pilkades Bintan Buyu, Supriyono memimpin penghitungan ulang surat suara di Kantor Camat Teluk Bintan, Rabu (24/5).m rofik

TELUK BINTAN – Dugaan kecurangan dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Bintan Buyu terbukti. Hasil penghitungan ulang surat suara di aula Kantor Camat Teluk Bintan, Rabu (24/5), justru memenangkan calon nomor urut dua, Khapizul Anhar yang sebelumnya kalah dengan calon nomor urut tiga, Sunardi.

Pantauan di lapangan, proses penghitungan yang berlangsung 12 jam lebih tersebut juga sempat ricuh. Pasalnya, Ketua panitia Pilkades Bintan Buyu Abdul Karim dan tiga anggotanya menolak penghitungan ulang dan tidak menyerahkan anak kunci untuk membuka delapan kotak suara kepada panitia tingkat kabupaten.

Sempat terjadi perdebatan antara Abdul Karim dan rekannya dengan panitia kabupaten yang diketuai Asisten Bupati Bidang Administrasi dan Umum, Ismail serta Kabag Pemerintahan Setda Bintan Bambang Sugianto.
Kunci diberikan setelah Abdul Karim dan ketiga rekannya mundur dalam kepanitiaan dan menyerahkan kepada wakilnya Supriyono dan dua rekannya untuk menyelesaikan tahapan pilkades.

“Dengan berat hati saya menyerahkan ini (anak kunci) kepada saudara Supriyono, teruskan tugasnya karena saya disumpah dengan Alquran untuk mempertahankan suara masyarakat Desa Bintan Buyu,” ujar Karim usai menandatangani berita acara penyerahan anak kunci dan pergi meninggalkan ruangan bersama ketiga rekannya.

Sementara, Supriyono dan dua rekannya yang bertugas melanjutkan tahapan Pilkades Bintan Buyu sempat ragu menyelesaikan tahapan itu. Namun, setelah panitia kabupaten menyakinkan bahwa belum ditemukan unsur pidana terkait tahapan Pilkades Bintan Buyu, proses penghitungan ulang surat suara bisa dilanjutkan oleh tiga orang panitia desa yang dipimpin Supriyono hingga pada hasil akhirnya mengubah pemenang Pilkades Bintan Buyu. Sunardi yang sebelumnya keluar sebagai pemenang dengan perolehan tertinggi pada 27 April lalu, yakni 494 suara harus menelan pil pahit. Lantaran suaranya menyusut 17 suara jadi 477 suara.

Sedangkan Khapizul Anhar calon kades nomor urut dua dengan total 487 suara yang tadinya kalah 7 suara dengan Sunardi, dinyatakan unggul setelah suaranya bertambah 1 menjadi 488 suara.

Sementara Pajeri calon kades nomor urut satu kehilangan satu suara dari semula 145 suara jadi 144 suara. Nuryanto calon nomor urut 4 sebanyak 108 suara dan Muhammad Ali calon nomor urut lima sebanyak 239 suara, tidak berubah. Suara Sunardi menghilang 10 suara di kotak TPS 4 serta 7 suara di kotak TPS 5. Sedangkan suara Khapizul Anhar bertambah 1 suara di kotak TPS 7.

Sementara dari hasil rekapitulasi panitia desa yang melaksanakan penghitungan ulang itu, jumlah suara sah berkurang 17 suara dari semula 1.473 suara menjadi 1.456 suara dan surat suara tidak sah bertambah banyak dari dari semula hanya 16 suara berubah menjadi 33 suara dengan total keseluruhan surat suara yang dihitung sebanyak 1.489 kertas suara.

Panitia tingkat kabupaten Bambang Sugianto mengatakan, pihaknya belum dapat memutuskan hasil rekapitulasi penghitungan ulang karena harus dilaporkan kepada Bupati Bintan Apri Sujadi.

“Hasil penghitungan surat suara akan diserahkan kepada Sekda melalui Ketua panitia tingkat kabupaten Pak Ismail. Selanjutnya diserahkan Sekda ke Bupati untuk mengambil keputusan seperti apa,” kata Bambang.

Sebelumnya, Bupati Bintan Apri Sujadi meminta kepada semua pihak supaya menahan diri dan menerima apapun hasil yang terjadi dari proses penghitungan ulang surat suara.

“Saya atas nama Pemkab Bintan minta untuk sama-sama menghargai. Apapun hasil yang diperoleh melalui proses secara demokrasi terhadap Pilkades Bintan Buyu, kami minta semua pihak bisa menerimanya,” kata Apri, Sabtu (20/5) lalu.

Dia menginginkan supaya situasi dan kondisi di Bintan terutama di Bintan Buyu bisa tetap kondusif. Apalagi, desa yang merupakan ibukota pemerintahan ini menjadi prioritas utama dalam pembangunan yang akan dilakukan Pemkab Bintan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com