SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Hujan Tiga Jam Pasar Dabosingkep Banjir

  • Reporter:
  • Senin, 27 Mei 2019 | 14:39
  • Dibaca : 167 kali
Hujan Tiga Jam Pasar Dabosingkep Banjir
Jalan di Dabosingkep banjir setelah diguyur hujan selama tiga jam, kemarin. f jamariken tambunan

LINGGA – Sejumlah ruas jalan di Dabosingkep Kabupaten Lingga banjir setelah diguyur hujan selama tiga jam, kemarin. Adapun jalan yang tergenang banjir adalah Jalan Pasar Lama, Jalan Pelabuhan dan Jalan Merdeka. Akibatnya, kendaraan yang melintas di jalur tersebut harus melambat karena tempias air bisa masuk ke rumah warga yang berada persis di samping jalan.

“Hujan dari jam 08.00 sampai 11.00 siang. Kendaraan yang melintas di jalan ini kita minta lambat karena takut masuk ke dalam rumah nanti airnya,” ujar salah satu warga Dabosingkep, Budi.

Menurut pria yang berjualan di Jalan Pasar lama ini, banjir yang terjadi diduga karena drainase yang kurang baik, meski sudah sering di lakukan perbaikan. Hal ini ditambah lagi curah hujan yang sangat lebat sehingga drainase tidak sangup menampung air, sehingga meluap ke ruas jalan. Ia berharap perhatian dari pemerintah daerah agar mengambil tindakan supaya genanggan air tidak lagi terjadi di Jalan Pasar Lama. “Di jalan ini kalau hujan lebat memang selalu menjadi langgan banjir, mudah-mudahan ada langkah cepat dari pemerintah agar biasa di atasi mengingat saat ini wilayah Lingga sedang musim penghujan,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabosingkep Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, berdasarkan prakirakan cuaca secara umum kondisi di Kabupaten Lingga beberapa hari ke depan berawan dan berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Menurut Sahat, hal ini terjadi karena adanya perlambatan kecepatan massa udara di wilayah Kepulauan Riau berpengaruh juga di wilayah Kepulauan Lingga, sehingga menyebabkan penumpukan massa udara yang cukup tinggi mendukung untuk pertumbuhan awan-awan hujan. “Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat maupun udara. Kalau untuk tinggi gelombang, masih ambang aman tetapi tetap waspada,” katanya.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com