SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Iklan di Media Massa 24 Maret-13 April

  • Reporter:
  • Rabu, 13 Maret 2019 | 15:44
  • Dibaca : 68 kali
Iklan di Media Massa 24 Maret-13 April
ilustrasi

SEKUPANG – Partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden serta calon legislatif baru bisa memasang iklan di media massa hanya pada 21 hari sebelum masa tenang atau 24 Maret-13 April 2019.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam Muhammad Siddik menjelaskan ketentuan iklan di media tercantum pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.23/2018 yang kemudian direvisi menjadi PKPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu.

“Masa kampanye media massa berlangsung selama 21 hari, mulai dari 24 maret hingga 13 April 2019. Termasuk dalam periode itu kampanye akbar,” sebut Siddik, Senin (11/3).

Adapun KPU belum menentukan titik yang ditetapkan untuk kampanye akbar karena masih menunggu arahan dari KPU provinsi. “Setelah dapat petunjuk dari KPU, baru dikumpulkan partai, nantinya baru ditentukan titik-titiknya,” ujar dia.

Sementara Keberadaan media massa dalam kampanye sangat penting. Informasi tentang citra politik, program, dan manajemen isu selama masa kampanye nyaris mustahil menafikan keberadaan media. Bahkan, bergaung tidaknya masa kampanye sangat bergantung salah satunya pada berita yang dibuat media massa.

Siddik menambahkan, untuk ukuran banner di media massa dibatasi maksimal 4X7 paling besar dengan gambar statis alias tidak bergerak serta resolusi maksimal 72 dpi.

“Nanti iklan diri dari Paslon (presiden), caleg DPR, DPD maupun DPRD wajib menampilkan di webnya KPU baik berupa iklan dan sebagainya dimasukan ke web KPU, nanti KPU yang menerbitkan,” papar Siddik.

Sebagai gambaran, sebelum tahapan pemasangan iklan di media massa mulai 24 Maret, yang bisa dilakukan Paslon Presiden maupun caleg adalah pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga, media sosial, debat pasangan calon tentang materi kampanye, dan kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye. cr1

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com