SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Imigrasi Karimun Layani Warga yang Sakit, Tak Perlu ke Kantor Urus Paspor

  • Reporter:
  • Selasa, 10 September 2019 | 09:51
  • Dibaca : 88 kali
Imigrasi Karimun Layani Warga yang Sakit, Tak Perlu ke Kantor Urus Paspor
Petugas Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun mendatangi warga yang sakit untuk menerbitkan paspor, Senin (9/9). /ERNIS HUTABARAT

KARIMUN – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun memberikan kemudahan mengurus paspor, khususnya kepada orang sakit dengan menggunakan layanan Mobile SPRI Paspor. Dengan layanan ini warga tak perlu ke kantor Imigrasi lagi.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun Kristian mengatakan, sejumlah layanan yang diberikan yakni penerbitan paspor baru dan penggantian paspor menggunakan mobile unit SPRI. Pihak imigrasi juga memfasilitasi pengunjung untuk mendapatkan informasi mengenai pelayanan paspor, pelaporan keberadaan orang asing, dan informasi keimigrasian lainnya.

”Masyarakat yang membutuhkan paspor tapi dalam keadaan sakit atau tidak dapat datang ke Kantor Imigrasi Karimun, dapat menginformasikan kepada kami. Nanti bisa dilayani ke rumah yang bersangkutan menggunakan mobile unit SPRI yang disediakan Direktorat Jenderal Imigrasi,” kata Kristian, Senin (9/9).

Ia menyebutkan, untuk mendapatkan pelayanan mobile SPRI paspor itu, pihak keluarga khusus bagi orang sakit dapat datang langsung ke Kantor Imigrasi Karimun dengan membawa berkas-berkas permohonan yang dibutuhkan. Nantinya setelah dilaporkan, pihaknya akan mendatangi pemohon (orang sakit) untuk melakukan pengecekan kelengkapan dokumen.

“Bawa saja dokumen yang dibutuhkan. Setelah dinyatakan lengkap, kita akan langsung datang ke pemohon guna mengambil data,” tambahnya.

Dijelaskan, proses penerbitan melalui sistem layanan mobile paspor itu sama dengan waktu penerbitan paspor secara normal atau paling lambat tiga hari sejak dilakukan pendataan oleh petugas.

“Pastinya ini cukup membantu. Memang kita ketahui, untuk pengurusan di Kantor juga sudah menerapkan sistem antrean online dinamakan Apapo, sehingga masyarakat yang datang mengurus paspor tidak harus menunggu lama,” ujarnya.

Selain layanan layanan untuk kelompok rentan atau kelompok disabilitas/berkebutuhan khusus berdimensi ramah HAM juga telah disediakan.

“Kalau ini tetap dilaksanakan di kantor Imigrasi, namun kita berikan kemudahan. Tidak perlu mendaftar aplikasi Apapo, siapkan aja persyaratan dan langsung datang dan akan langsung dilayani. Mudah-mudahan layanan ini dapat digunakan masyarakat Karimun dengan baik,” ujarnya.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com