SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ingatkan Kades Transparan Susun Program Dana Desa

  • Reporter:
  • Selasa, 22 Mei 2018 | 13:07
  • Dibaca : 126 kali
Ingatkan Kades Transparan Susun Program Dana Desa
ilustrasi

BINTAN – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengingatkan kepala desa supaya terbuka dan transparan kepada masyarakat dalam menyusun program yang bersumber baik dari dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD).

“Segala kegiatan yang dilakukan di desa sebaiknya disosialisasikan ke masyarakat,” ujarnya, Senin (21/5/2018).

Persoalan di Desa Lancang Kuning cukup menjadi pembelajaran yang berarti karena komunikasi yang terbangun antara pemerintah desa dan masyarakatnya kuran berjalin dengan baik. Oleh karenanya, ia mengimbau kepala desa sebaiknya proaktif dalam menyosialisikan program-program yang akan dikerjakan di desa.

Jika perlu, sambungnya, kepala desa mampu membuat pra kegiatan yang sumber dananya berasal dari dana desa. Selain itu, dalam menyusun kegiatan kepala desa sebaiknya melibatkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) maupun tokoh masyarakat. “Masyarakatnya juga harus dilibatkan,” katanya.

Tujuannya supaya semua elemen yang dilibatkan mengerti arah pembangunan yang akan dilakukan dan masyarakatnya bisa merasakan manfaatnya.

“Pra kegiatan maksudnya sebelum kegiatan dikerjakan, masyarakat sudah disosialisasikan,” kata Ronny.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com