SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Inilah Daftar Istilah Terkait COVID-19

  • Reporter:
  • Jumat, 27 Maret 2020 | 10:56
  • Dibaca : 115 kali
Inilah Daftar Istilah Terkait COVID-19
Ilustrasi.

BATAM – Banyak istilah atau sebutan yang baru pertama kali kita dengar seiring merebaknya Virus Corona. Dari mulai COVID-19, orang dalam pengawasan, sampai lockdown.

Baru-baru ini, pemerintah meliburkan sekolah, kampus, serta kantor-kantor pemerintahan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk social distancing untuk mencegah penyebaran virus tersebut meluas.

Apalagi, sekarang ini status infeksi virus ini udah ada di tingkat pandemi.

Gak cuma istilah social distancing dan pandemi yang sering muncul di pemberitaan kasus COVID-19. Masih banyak istilah lainnya yang mesti kamu ketahui. Berikut istilah-istilahnya.

1. COVID-19

Dikutip dari World Health Organization (WHO), COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. COVID-19 merupakan akronim dari Coronavirus Disease 2019. Gejala penyakit ini berupa gangguan pernapasan, demam, dan batuk.

2. CORONAVIRUS

Kalau COVID-19 adalah nama penyakitnya, Coronavirus atau virus Corona adalah nama virus yang menyebabkannya. Sebelum ini, virus Corona memiliki nama ilmiah Novel Coronavirus (2019-nCoV).

3. PANDEMI

Kasus COVID-19 adalah contoh dari pandemi. Peningkatan status menjadi pandemi karena penyebaran Virus Corona yang cepat banget, terjadi di banyak negara, dan menginfeksi banyak orang.

4. ENDEMI

Gak beda jauh dari pandemi, menurut Center for Disease Control and Prevention, istilah endemi mengacu pada kondisi atau situasi adanya wabah penyakit di wilayah geografis tertentu, seperti benua atau negara. Contoh yang pernah terjadi adalah malaria di Papua dan Nusa Tenggara Timur tahun 2017.

5. EPIDEMI

Epidemi berasal dari bahasa Yunani ‘en’ yang berarti ‘pada’ dan ‘demos’ yang berarti ‘rakyat’. Jadi istilah ini diartikan sebagai penyebaran wabah yang terjadi secara cepat di suatu wilayah tertentu. Penyakit SARS (Severe Acute Respitory Syndrome) yang terjadi pada 2003 adalah contoh epidemi.

6. ISOLASI

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V menyebutkan kalau arti isolasi adalah tindakan pemisahan pasien berpenyakit menular dari orang lainnya. Hal ini dilakukan biar orang yang sakit gak menulari penyakitnya ke orang sehat.

7. KARANTINA

Serupa tapi gak sama, karantina diartikan sebagai pemisahan dan pembatasan pergerakan seseorang yang mungkin aja terpapar penyakit. Sebanyak 237 WNI yang dipulangkan dari Wuhan ke Natuna termasuk contoh karantina.

8. LOCKDOWN

Menurut Kamus Merriam Webster, lockdown merupakan tindakan darurat agar orang-orang gak memasuki atau meninggalkan area tertentu selama bahaya berlangsung. Ada beberapa negara yang menerapkan lockdown kasus COVID-19 di antaranya China, Italia, Denmark, hingga Filipina.

9. SOCIAL DISTANCING

Jadi istilah yang lagi banyak banget diomongin, social distancing artinya pembatasan interaksi secara langsung dengan orang lain. Belajar, kerja, dan rapat jarak jauh adalah contoh social distancing.

10. ORANG DALAM PENGAWASAN (ODP)

Orang dalam pengawasan (ODP) mencakup semua orang yang berada di Indonesia. Orang itu termasuk WNI dan WNA yang berasal atau habis bepergian dari negara yang telah terinfeksi COVID-19.

11. PASIEN DALAM PENGAWASAM (PDP)

Saat ODP mengalami gejala-gejala COVID-19, maka ia akan dikategorikan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Ia akan diperiksa, dirawat, dan diawasi, tapi bukan berarti ia terinfeksi penyakit ini.

12. SUSPECT

PDP akan berstatus suspect atau terduga jika ia telah melakukan kontak dengan orang yang udah terinfeksi. Selanjutnya, ia bakal diperiksa lebih lanjut.

Semoga aja pandemi COVID-19 cepat berakhir dengan korban seminimal mungkin, dan kita bisa segera kumpul-kumpul lagi, deh, bareng teman-teman.

Sumber : sindonews.com

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com