SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Internal BP Isyaratkan Pergantian Hatanto

Internal BP Isyaratkan Pergantian Hatanto
Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro. / Dok KORAN SINDO BATAM

BATAM – Kabar akan digantinya Hatanto Reksodipoetro dari Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah merebak di internal BP Batam. Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono misalnya, mengaku sudah mendengar isu pergantian Kepala BP Batam.

“Memang sudah lama (kabar) itu, dari kemarin juga sudah ditulis di media,” ujarnya, Rabu (7/6).

Andi menegaskan bahwa BP Batam hanyalah pelaksana dari kebijakan pemerintah pusat. Dia yakin semua pegawai siap menjalankan kebijakan pemerintah pusat, termasuk dalam penentuan pejabat BP Batam.

Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan wewenang pemerintah pusat. Dia mengaku belum mendapatkan kebenaran informasi terkait akan adanya perombakan struktur pimpinan BP Batam.

“Kalau perubahan struktur, itu urusan pusat. Kami saat ini fokus, yang penting kerja, kerja, dan kerja,” ujarnya.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Eko Santoso Budianto enggan menanggapi rencana pergantian Kepala BP Batam. Namun dia tidak membantah akan adanya perubahan di struktur pimpinan BP Batam.

“Mungkin iya,” jawabnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Sebelumnya anggota Tim Teknis Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (DK PBPB) Batam, Taba Iskandar menilai wajar jika banyak pihak mendesak pemerintah pusat agar segera mengevaluasi kinerja pimpinan BP Batam. Pasalnya, kinerja Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro dan pimpinan BP Batam lainnya masih jauh dari harapan dan belum sesuai target DK PBPB Batam.

Taba mengaku akan mengusulkan evaluasi kinerja pimpinan BP Batam tersebut dalam rapat Tim Teknis DK PBPB Batam yang akan digelar dalam waktu dekat. Saat ini masih banyak persoalan yang belum terselesaikan oleh pimpinan baru BP Batam, seperti masalah lahan dan pelabuhan.

Sementara itu, nama Satria Darma Putra Pulungan mulai mencuat untuk menggantikan Hatanto sebagai Kepala BP Batam. Satria adalah seorang dosen dan pernah mencalonkan sebagai Kepala BP Batam periode 2013-2018.

“Ini namanya. Sekarang dosen,” kata seorang sumber kepada KORAN SINDO BATAM sambil menunjuk kertas kuning bertuliskan nama Satria Pulungan.

Dia memastikan nama inilah yang akan menggantikan Hatanto. Ketua DK PBPB Batam, Darmin Nasution diperkirakan bakal segera melantik pengganti Hatanto dalam waktu dekat.

“Belum tahu tepatnya, segera sepertinya. Antara dua mingguan ini,” ujarnya.

ahmad rohmadi/fadhil

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com