SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Investasi Startup Tembus USD3 Miliar

  • Reporter:
  • Minggu, 1 Oktober 2017 | 10:12
  • Dibaca : 207 kali
Investasi Startup Tembus USD3 Miliar
ilustrasi

JAKARTA– Pergeseran model bisnis dari offline ke digital telah terjadi hampir di seluruh dunia. Tidak mengherankan bila pada saat ini model bisnis digital juga booming di berbagai sektor perekonomian di Tanah Air.

Sejak lima tahun terakhir, cukup banyak pelaku usaha yang membangun lini bisnisnya berbasiskan digital. Kemudian berdampak pada masuknya investor pada lini bisnis ini. Hal itu sesuai dengan hasil penelitian baru dari Google dan AT Kearney yang menunjukkan investasi terhadap perusahaanperusahaan startup tumbuh 68 kali lipat dalam lima tahun terakhir, yaitu dari angka USD1,4 miliar pada 2016 melesat menjadi USD3 miliar di bulan kedelapan 2017.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memasuk an model bisnis digital ini ke dalam Klasifikasi Buku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 63122. Pada kuartal I 2017, realisasi investasi PMA pada KBLI 63122 mencapai 26 proyek. Adapun pada kuartal II mencapai 113 proyek. Negara terbesar yang berinvestasi di model bisnis ini adalah Hong Kong, China, Belanda, Korea Selatan, dan Kepulauan Virgin Britania Raya.

Kepala Biro Per turan Perundang-undang an, Hubungan Masyarakat dan Tata Usaha BKPM Ariesta Riendrias Puspasari mengakui model bisnis digital yang sedang booming membuat para Investor ter tarik masuk kedalam negeri, apalagi Indonesia memiliki potensi pasar yang besar. “Indonesia memiliki banyak generasi muda. Ini merupakan pasar yang potensial.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com