SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Investor Hongkong Jajaki Investasi di Batam

  • Reporter:
  • Kamis, 18 Juli 2019 | 14:17
  • Dibaca : 82 kali
Investor Hongkong Jajaki Investasi di Batam
ilustrasi

BATAMKOTA – Sejumlah investor asal Hongkong melakukan penjajakan investasi di Batam, dampak dari perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS). Batam dinilai sebagai daerah yang tepat untuk merelokasi kegiatan usaha perusahaan-perusahan di China ataupun Hongkong tersebut.

Managing Director Central Global Batam, Santos Loy mengatakan, kedatangan para investor asal Hongkong ingin mengetahui lebih jauh terkait Batam. Terutama yang berkaitan dengan insentif atau kemudahan-kemudahan lainnya dalam dunia usaha. Terlebih lagi Batam saat ini merupakan kawasan free trade zone (FTZ).

“Banyak investor di sana ingin hengkang karena dampak dari trade war. Tapi mereka bingung mau ke mana,” ujarnya di Gedung Marketing Badan Pengusahaan (BP) Batam, Rabu (17/7).

Karena itu, saat dihubungi para investor tersebut, ia mengaku langsung berkoordinasi dengan BP Batam dan mengundang para investor untuk datang ke Batam. Ia yang sudah lama menjalankan usahanya di Batam tentu menyarankan agar para pengusaha-pengusaha asal Hongkong menanamkan investasinya di Batam.

Hanya saja para investor tentu mencari daerah yang cost-nya paling murah, karena itu selain Batam juga ada beberapa negara yang sudah lebih dulu dijajaki seperti Vietnam dan Myanmar. Karena itu ia berharap pemerintah juga aktif untuk meyakinkan para investor bahwa Batam merupakan yang terbaik.

“Kalau bisa BP Batam juga jemput bola, sama-sama datang ke Hongkong. Menyampaikan insentif apa saja yang diberikan pemerintah kepada investor,” katanya.

Menurut dia, investor yang datang ke Batam ini beberapa grup perusahaan yang memang selama ini berkembang di Hongkong. Banyak bidang usaha yang dijalankan, salah satunya adalah memproduksi headset smartphone. Mayoritas adalah produk-produk high technology.

“Semua produknya mayoritas ekspor ke Amerika dan Jepang. Nilai investasinya belum bisa kita pastikan karena masih penjajakakan. Kalau untuk tenaga kerja sudah pasti akan membutuhkan ribuan tenaga kerja nantinya kalau jadi investasi di Batam,” katanya.

Kasubdit Humas BP Batam Muhammad Taofan menyambut baik dengan ketertarikan investor asal Hongkong tersebut ke Batam. BP Batam sudah pasti akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam perizinan ataupun yang lainnya berkaitan dengan kegiatan usaha.

Batam tentu tak hanya letaknya saja yang strategis, tapi juga banyak kemudahan dan insentif yang ditawarkan pemerintah di dalam kawasan FTZ. Karena itu hal ini tentunya diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Batam.

“Kami menyambut baik, dari pertemuan tadi mereka memang tertarik investasi di Batam. Karena apa yang dibutuhkan dan diminta semua sudah ada di Batam,” kata Taofan. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com