SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Investor Tunggu Kepastian KEK

Investor Tunggu Kepastian KEK
Peta Batam. /IST

BATAM – Pemerintah berkeinginan segera menerapkan Kawasan Ekonomi Khusus di Batam. Namun, para investor masih menjajaki seiring dimungkinkannya terjadi perubahan regulasi jika kebijakan ini diterapkan.

Saat berkeliling meninjau pulau-pulau di perairan Batam, Kamis (15/3/2018) lalu, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan keinginan Presiden Joko Widodo agar KEK segera diterapkan.

Menurut Luhut, setidaknya ada lima KEK yang harus segera direalisasikan di Batam sesuai instruksi Presiden Jokowi. “Mengenai KEK, ada 5 yang kita mau buat di sini. Itu mau segera, Presiden sudah mau segera,” kata Luhut di perairan Pulau Nipah.

Dia menyebut salah satu lokasi yang dipastikan menjadi KEK adalah Kabil. Diharapkan dalam jangka waktu sebulan dua bulan ini bisa segera direalisasikan. Dengan dibangunnya KEK di lima kawasan di Batam, diharapkan dapat menampung kapasitas dari Singapura sehingga bisa dinikmati oleh Indonesia.

“Karena jelas KEK seperti misalnya di Kabil, area itu misalnya akan menjadi KEK, ya segera saja kita mainkan tidak ada masalah. Saya berharap dalam satu-dua bulan ini sudah selesai. Nah dengan begitu kita akan bisa membuat pelabuhan di sini lebih efisien,” tambahnya.

Jika KEK bisa dibuat terpadu, menurut Luhut, hal ini bisa membatasi tindak penyelundupan sekaligus mengurangi inefisiensi yang selama ini terjadi. “Kemudian juga efeknya orang yang berinvestasi di Indonesia semakin jelas ke Batam,” lanjutnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com