SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

IPH Jalan, Pendapatan Pemko Naik

IPH Jalan, Pendapatan Pemko Naik
Sekda Kota Batam Jefridin. /Dok SINDO BATAM

BATAM KOTA – Seketaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengatakan, pendapatan Pemko Batam dari sektor pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan juga Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) tergantung dari kelancaran pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH) di Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Menurut dia, bila pengurusan IPH berjalan lancar, diyakini akan memberi efek positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam. Karena itu, pihaknya berharap BP Batam segera memperlancar pengurusan IPH sehingga semua sektor bisa digerakkan.

“Karena bagi kami IPH itu penting sekali, sebab mungkin tidak ada transaksi kalau IPH tidak ada,” ujarnya di Batam Centre, kemarin.

Ia mencontohkan, pembangunan sebuah rumah. Awalnya, ketika ada pembangunan Pemko Batam memroyeksikan ada potensi pendapatan jika nanti ada transaksi dari rumah tersebut. Baik itu dalam hal retribusi IMB maupun pajak BPHTB ketika rumah itu dijual. “Tapi ternyata yang kami hitung potensi itu meleset di tahun ini karena IPH tak lancar,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com