SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Isi BBM ke Kapal Pakai Sistem Online

  • Reporter:
  • Senin, 7 Agustus 2017 | 13:43
  • Dibaca : 289 kali
Isi BBM ke Kapal Pakai Sistem Online
Perkumpulan BU PIUNU menunjukkan telegram dari Kemhub tentang peraturan pengisian bahan bakar minyak dari tangki darat ke kapal (port to ship).

BATAM KOTA – Perkumpulan Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Umum (BU PIUNU) Kota Batam siap mengikuti aturan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terkait aturan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kapal.

Ketua BU PIUNI Batam David Tantri mengatakan, Kemenhub telah melarang pengisian BBM langsung mobil tangki BBM ke kapal (truck to ship). Meski demikian, Kantor Pelabuhan (Kanpel) Laut Batam memberikan dispensasi dan tidak melarang pengisian BBM ke kapal dari mobil tangki.

“Sebenarya berdasarkan aturan Kemenhub sudah dilarang dari tahun lalu,” ujarnya di Sukajadi, Minggu (6/8).

David menambahkan, dalam pasal 216 Undang-Undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, di mana kegiatan perbaikan dan pengisian bahan bakar di pelabuhan merupakan kegiatan yang sifatnya berbahaya dan dapat menimbulkan kebakaran seketika.

Lewat telegram yang diterbitkan tanggal 16 Juni lalu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen) menginstruksikan para Syabandar menghentikan dan melarang kegiatan kapal dan pengisian bahan bakar dengan mobil tangki di dermaga atau difasilitas pokok pelabuhan yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Maksudnya di sini dari mobil tangki dimasukan ke dalam tangki darat di pelabuhan. Selanjutnya baru dipindahkan ke kapal (port to ship) bukan truck to ship,” kata David.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com