SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jalan ke Pelabuhan Seikolak, Kijang Berlubang dan Jadi Kubangan Air

  • Reporter:
  • Kamis, 11 Mei 2017 | 14:27
  • Dibaca : 578 kali
Jalan ke Pelabuhan Seikolak, Kijang Berlubang dan Jadi Kubangan Air
Sebuah truk melintasi jalan berlubang yang merupakan akses ke pelabuhan peti kemas Seikolak, Kijang, Rabu (10/5).m rofik

BINTAN TIMUR – Akses menuju pelabuhan peti kemas Seikolak, Kijang, Bintan Timur banyak yang rusak. Hujan lebat selama dua jam membuat beberapa titik jalan sebagai kubangan air, seperti kolam terbuka. Bahkan, jalan sepanjang 500 meter ini sebagian besar aspalnya terkelupas dan bergelombang.

Erwin, salah seorang pengendara mengeluhkan lambanya perbaikan oleh PT Pelindo selaku pengelola pelabuhan. “Setiap kali hujan jalan ini jadi kubangan. Susah dilewati, kenapa juga lambat diperbaiki,” ujar Erwin ditemui usai melewati jalan tersebut, Rabu (10/5).

Menurut dia, akses vital untuk jalur pengangkutan peti kemas atau menjadi salah satu jantung perekonomian, harusnya menjadi perhatian serius semua pemangku kebijakan. Bukannya dibiarkan rusak dan tak terawat. “Kalau jadi tulang punggung perekonomian mestinya didahulukan perbaikannya, bukan dibiarkan seperti ini,” keluhnya.

Pengendara lainnya, Siti mengatakan, dirinya setiap hari melewati jalan pelabuhan keperluan mengantar dan menjemput anaknya sekolah. Karena melewati jalan tersebut menyingkat waktu, tidak harus memutar melalui jalan Seidatuk. “Tetapi harus berhati-hati dan lambat-lambat karena jalan banyak kubangan. Malahan ada yang memasang pot tanaman sebagai peringatan agar pengendara tidak melewati kubangan,” kata Siti.

GM PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang Wayan membantah jika pihaknya tidak memperhatikan kondisi jalan yang menjadi kubangan air setiap kali hujan tersebut. Pihaknya sudah mengajukan anggaran ke pusat untuk memperbaiki. Hanya saja berdasarkan penganggaran, pelaksanaan pembangunannya dimulai Juni nanti.

“Juni nanti akan kita laksanakan perbaikan dengan kontur beton, bulan lalu baru dialihkan pengelolaannya oleh Pemkab Bintan ke Pelindo, bahwasannya Pelindo yang merawatnya,” ujar Wayan.

Jalan ini, kata dia, sebelumnya memang wewenang Pemkab Bintan. Namun sekarang sudah diberikan kewenangan kepada Pelindo untuk memeliharanya/melakukan perawatan.

Dia menjelaskan, untuk jalan yang akan dibeton sepanjang 500 meter dan lebarnya 15 meter. Jadi yang akan dibeton mulai dari pelabuhan hingga SPBU. “Semoga saja Juni tidak ada lagi halangan, agar bisa dilakukan pengerjaan untuk beton jalan itu,” harapnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com