SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jalan Pasir Putih Amburadul

  • Reporter:
  • Jumat, 11 Oktober 2019 | 10:59
  • Dibaca : 236 kali
Jalan Pasir Putih Amburadul
Jalan penghubung Bengkong Sadai-Batam Center di kawasan Pasir Putih rusak parah. /ist

BATAMKOTA – Ruas jalan yang menghubungkan Bengkong Sadai-Batam Center rusak parah. Tak hanya mengganggu kelancaran lalu lintas, tak jarang pula terjadi kecelakaan di kawasan itu.

Kondisi parah terlihat nyaris di sepanjang jalan memasuki kawasan Ocarina sampai Pasir Putih. Bagian jalan yang rusak ada mudah ditemukan, ada yang aspalnya retak dan membentuk lubang sampai masih ada jalan tanah. Alhasil, kendaraan roda empat lebih sering terlihat hanya bisa berjalan merambat. Apalagi jalan aspal yang hanya ada satu ruas digunakan untuk dua arah. Tak banyak kendaraan rela melintasi jalan satu lagi karena belum diaspal sehingga memilih melawan arus sebelum Bundaran Madani.

Banyak yang mengeluh soal kondisi jalan rusak di Pasir Putih. Keluhan datang dari warga Kelurahan Bengkong Sadai karena memprihatinkan. Gara-gara jalan rusak, sering terjadi kecelakaan. “Dua hari lalu, tiga orang terkapar akibat kecelakaan,” ujar Ketua RW 21, Kelurahan Bengkong Sadai, Kecamatan Bengkong, Rudianto, kemarin.

Ia mengungkapkan karena kerusakan itu satu ruas jalan dipakai untuk dua jalur kendaraan dari arah berbeda.

“Itu paling sering kecelakaan pas pertigaan simpang dekat Indomaret arah mau ke Batam Center. Bagaimana ya, mobilitas kendaraan tinggi sementara jalan raya tak mendukung,” katanya.

Rudianto mengatakan, beberapa warga mengeluhkan keadaan ini dan sudah sering disampaikan dalam musyawarah perencanaan dan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

“Kami meminta pemerintah untuk dapat segera memerhatikan kondisinya. Kami juga sudah beberapa kali meminta pemasangan lampu penerangan di sekitar jalan yang benar-benar gelap,” katanya.

Baginya, jalan itu untuk kepentingan umum. Sudah selaiknya pula Pemerintah Kota Batam ikut mengambil tindakan agar masyarakat tak lagi khawatir berlalu lintas di sekitar jalan raya itu.

“Jalan merupakan kebutuhan prioritas. Dan sudah semestinya diperhatikan untuk kemajuan Kota Batam pula,” katanya.

Salah satu warga Pasir Putih Batam Centre, Hendri menambahkan tak hanya sekali saja peristiwa mengenaskan terjadi akibat rusaknya ruas jalan.

“Sudah cukup sering. Dua hari lalu, setelah itu beberapa hari lalu juga ada yang terkapar saat menuju ke arah Bengkong,” katanya.

Ia mengatakan, pada Senin lalu terdapat tiga pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan lalu lintas. Bahkan belum lama ini juga terjadi lagi insiden di sekitar jalan itu.

“Ya gimana ya bang. Jalan itu berlubang, dan satu arah saja. Sementara pembangunan jalan belum juga usai,” katanya.

Hendri sebagai masyarakat biasa mengatakan jika jalan di Pasir Putih Batam Centre telah menjadi pilihan beberapa pengendara jika akan bepergian dari Batam Centre menuju Bengkong Laut, begitu pun sebaliknya.
Menurutnya lagi, hal ini diperparah jika malam hari tiba.

“Apalagi sudah dibuka akses jalan ke Bengkong orang merasa lebih dekat. Paling rawan itu kalau jam sibuk bang, kendaraan ramai sementara jalan sempit,” katanya.

Sementara itu Camat Batam Kota Fairus Batubara yang dihubungi belum merespons, begitu juga pesan singkat yang dikirim tak berbalas. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com