SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jangan Salah Langkah,Tak Bisa Somasi Gubernur Soal Cawagub

  • Reporter:
  • Kamis, 16 November 2017 | 12:15
  • Dibaca : 318 kali
Jangan Salah Langkah,Tak Bisa Somasi Gubernur Soal Cawagub
Ilustrasi Gubernur Kepri Nurdin Basirun belum memiliki Wakil.

PINANG – Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Provinsi Kepri Ahars Sulaeman mengingatkan jajaran DPRD Kepri agar tidak salah mengambil langkah tentang proses pemilihan Cawagub Kepri. Menurutnya, dalam hukum pemerintahan dan tata negara tidak mengenal istilah somasi.

“Aparatur negara dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya berdasarkan pada peraturan perundang-undangan, sebagai wujud asas legalitasnya,” kata Ahars dihubungi dari Tanjungpinang, Rabu (15/11/2017).

Ia menegaskan, somasi itu hanya dikenal dalam hukum keperdataan. Dalam hukum pidana juga tidak mengenal somasi. Karena itu, menurutnya DPRD tidak bisa melakukan somasi kepada Gubernur Kepri dan partai pengusung.

Ahras mengatakan, DPRD tidak ada kewenangan untuk mengajukan somasi dalam hal pemilihan Cawagub Kepri. Belum adanya satu nama cawagub pengganti Agus Wibowo yang diusulkan partai pengusung melalui Gubernur Kepri lebih disebabkan masalah teknis. “Saya belum pernah mendengar dan melihat ada undang-undang tidak mengatur somasi dalam hal ini,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com