SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jaringan Listrik Tarempa Kian Sulit Ditata

  • Reporter:
  • Jumat, 5 Mei 2017 | 12:08
  • Dibaca : 306 kali
Jaringan Listrik Tarempa Kian Sulit Ditata
Salah satu tiang listrik yang berada ditengah njalan raya menuju desa Antang kec Siantan.

ANAMBAS – Penataan jaringan listrik di pusat kota Anambas terganggu pemukiman yang tidak betul-betul ditata dengan baik. Imbasnya kini beberapa tiang listrik yang berdiri di lokasi yang tak wajar.

Di Tarempa misalnya, kabel listrik semrawut, tiang listrik bisa menempel di dengan rumah penduduk. Ada juga tiang listrik yang berdiri di tengah jalan sehingga menghalangi pengendara.

Selain soal estetika kota, warga khawatir kabel listrik yang berantakan malah memakan korban tersetrum. Sebab, pernah kejadian beberapa kali warga kesetrum kabel listrik di Tarempa.

“Sudah berapa kali warga kesetrum listrik. Sampai sekarang tidak diperbaiki,” ungkap Chairil, warga Tarempa, kemarin.

Kepala PLN Rayon Tarempa, Dedy Prima Irawan mengakui keberadaan jaringan kabel di Tarempa semrawut. Tapi dia menilai salah satu penyebabnya pembangunan yang tanpa perencanaan dan koordinasi.

Setiap warga membangun rumah, lanjut dia, tidak pernah koordinasi dengan PLN. Perusahaan listrik itu akan survey lokasi bila saja warga membangun rumah terutama soal penyediaan jaringan listrik.

Akar masalahnya juga, Kota Tarempa tidak punya tata kota yang bisa mengakomodir penataan jaringan.

“Jaringan kabel ini dipasang sejak era 1990-an. Sekarang kami kesulitan menata dan memperbaiki karena kota sudah makin semrawut,” papar Dedy.

PLN akhirnya menghadapi masalah untuk mengubah jaringan listrik dengan model ditanam di dalam tanah di samping faktor tanah berbatuan. PLN tidak punya pilihan lain kecuali menata tiang listrik yang sudah ada, selain mengganti tiang yang sudah keropos.

“Menanam jaringan listrik tidak mungkin lagi. Tapi kami tetap upayakan menata jaringan yang ada,” ungkap Dedy.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com