SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jembatan Barelang I Masih Aman Digunakan

  • Reporter:
  • Rabu, 29 Maret 2017 | 13:31
  • Dibaca : 1384 kali
Jembatan Barelang I Masih Aman Digunakan
Pengontrolan rutin jembatan 1 Barelang. Foto Agung Dedi lazuardi.

SAGULUNG – Jembatan I Barelang atau Tengku Fisabilillah telah menjadi ikon Kota Batam, bahkan telah populer sebagai landmarknya kota industri ini. Dibangun sejak 20 tahun silam jembatan ini masih berdiri kokoh menghubungkan Pulau Batam dengan Rempang Galang. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan, jembatan ini masih aman sampai puluhan tahun ke depan.

Hanya saja jembatan tersebut perlu terus dilakukan perawatan secara rutin, minimal tiga sampai enam bulan sekali. Masyarakat juga diimbau untuk ikut membantu menjaga dengan tidak berhenti dan memakirkan kendaraan di atas jembatan, pasalnya akan menambah beban. Dampaknya akan mempengaruhi ketahanan dan usia jembatan yang diprediksi mampu bertahan untuk 100 tahun sejak pertama kali beroperasi.

“Tapi kalau terus dibiarkan masyarakat bisa parkir di atas dampaknya akan mempercepat umur jembatan,” kata Kontraktor PT Mitra Infrastruktur Indonesia (MII), Torang Nababan saat sedang melakukan perawatan jembatan, Selasa (28/3).

Menurut dia, benda yang diam dan yang begerak dinamis memiliki beban berbeda, sebab itu kenapa masyarakat perlu diingatkan untuk tidak berhenti di atas. Karena jembatan tersebut hanya ditopang oleh tiang (pylon) setinggi hampir 120 meter. Konstruksinya diperkuat dengan diikat oleh cable stayed berwarna hitam. Setiap pylon diperkuat dengan 56 Cable Stay. Sehingga, total ada 112 Cabe Stayed yang ada di jembatan tersebut. Sedangkan untuk panjang jembatan sendiri sekitar 500 meter.

Saat ini perawatan fisik jembatan Barelang memang tengah menjadi perhatian dari Kementerian PUPR, hal itu berdasarkan intruksi Presiden Jokowi untuk melakukan pengawasan jembatan yang sudah ada. Sebab daya tahan sebuah jembatan juga sangat tergantung dengan perawatan dan pemeliharaannya. Pengawasan sendiri juga sudah dilakukan pihaknya sejak 2015 lalu. “Perawatan rutin akan kami lakukan. Seperti cable stay-nya, tidak hanya di bagian atas saja bawah pun juga kita periksa satu persatu,” katanya.

Ia juga mengatakan jembatan tersebut juga telah dilengkapi dengan lift traveler di bawah jembatan, ini digunakan untuk melakukan pemeriksaan dan pengontrolan secara rutin. Sedangkan di bagian atas tiang juga dilengkapi dengan lift masing-masing tiga buah, saat ini juga telah dilakukan pemasangan safety untuk keselamatan pekerja.

Pihaknya menyayangkan kurang perdulinya masyarakat untuk menjaga jembatan tersebut. Selain sampah yang berserakan juga banyak ditemukan kerusakan-kerusakan karena ulah tangan jahil masyarakat. Sebab itulah ia juga mengingatkan kepada BP Batam dan Pemko Batam untuk sama-sama menjaga dan mengingatkan masyarakatnya. “Harusnya ditindak tegas, jangan izinkan masyarakat berhenti di atas jembatan. Karena itu tadi dampaknya dapat mempercepat umur jembatan,” katanya.

Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andi Antono mengatakan, sejak awal untuk perawatan memang dilakukan oleh Kementerian PUPR, sehingga sepenuhya pengawasan juga dilakukan oleh Kementerian. “Kami bukan tidak mau merawat, karena memang dari awal Kementerian PUPR yang mau melakukan perawatannya,” kata Andi.

Pantauan KORAN SINDO BATAM meski ada tanda larangan parkir di atas jembatan tapi memang masih banyak masyarakat yang berhenti dan melakukan foto-foto di atas jembatan. Beberapa kali anggota Ditpam BP Batam juga terlihat keliling, namun juga tidak diindahkan. Parahnya, beberapa orang yang berhenti juga dimintai uang parkir Rp5.000 oleh oknum dari masyarakat setempat.

Walaupun pungutan liar sudah berlangsung lama tapi sama sekali tidak pernah dilakukan penindakan. Baik BP Batam ataupun Pemko Batam juga terkesan membiarkan aksi pungutan liar tersebut. Padahal aksi yang meresahka tersebut tidak hanya di Jembatan I saja, tapi juga di Jembatan II Barelang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com