SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jembatan II Kembali Ditabrak Kapal

  • Reporter:
  • Jumat, 13 September 2019 | 13:33
  • Dibaca : 554 kali
Jembatan II Kembali Ditabrak Kapal
Ilustrasi

BULANG – Jembatan II Barelang kembali ditabrak kapal. Padahal jembatan yang dinamai Nara Singa masih dalam tahap perbaikan usai ditabrak MT Eastern Glory pada Rabu (23/1) silam. Akibatnya selimut beton jembatan terkelupas. Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya tabrakan tersebut.

Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan, padahal saat ini proses perbaikan Jembatan II Barelang progresnya baru 80 persen.

“Proses perbaikan masih jalan. Tapi ditabrak lagi. BP Batam sudah koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk dilakukan pemeriksaan lagi setelah ditabrak lagi,” ujarnya, Kamis (12/9).

Informasi yang dihimpun, kapal yang menabrak bernama SV Bintang Natuna. Informasi dari nahkoda, kapal saat itu dari laut dengan posisi towing (ditarik) karena mengalami kerusakan mesin (blackout engine) menuju pangkalan ikan Jembatan II dan passing jembatan sekira pukul 07.00, namun kapal larat (hanyut) terbawa arus sehingga membentur bagian tiang jembatan

“Tabrakan mengakibatkan pilar atau pile cap tiang jembatan terkelupas,” katanya.

Andi menambahkan, SV Bintang Natuna saat ini masih berada di pelabuhan ikan yang tak jauh dari Jembatan II. Meskipun tidak ditahan SV Bintang Natuna dalam kondisi rusak. Pihaknya bersama Direktorat Pengaman (Ditpam) BP Batam akan melakukan pengawasan terhadap kapal tersebut.

Sebelumnya, MT Eastern Glory menabrak Jembatan II Barelang akibat terbawa arus, Rabu (23/1). Insiden tersebut berawal saat MT Eastern Glory yang sudah empat bulan berada di terminal untuk keperluan sendiri (TUKS) milik PT Jagad Energi, hendak meninggalkan berlayar menuju perairan internasional. Kapal tanker itu ditarik sebuah tugboat.

Tiba-tiba arus deras datang membuat tugboat penarik tak bisa mengendalikan tanker. Kapal tanker terus terbawa arus menuju jembatan II dan langsung menghantam sisi kanan jembatan tersebut. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com