SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Jerman Puji Sikap Qatar yang Menahan Diri dalam Konflik dengan Teluk

  • Reporter:
  • Rabu, 5 Juli 2017 | 15:45
  • Dibaca : 172 kali
Jerman Puji Sikap Qatar yang Menahan Diri dalam Konflik dengan Teluk
Menlu Jerman Sigmar Gabriel melemparkan pujian kepada Qatar atas sikap yang ditujukan terhadap konflik yang terjadi antara Doha dengan Teluk. Foto/Istimewa

DOHA – Jerman melemparkan pujian kepada Qatar atas sikap yang ditujukan terhadap konflik yang terjadi antara Doha dengan sejumlah negara Teluk.

Jerman menilai Qatar sukses menahan diri dari melakukan tindakan yang bisa memperburuk situasi.

“Qatar menahan diri untuk bereaksi terhadap blokade tersebut. Kami berharap pihak lain menanggapi dengan semangat yang sama,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel saat melakukan pernyatan bersama dengan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani di Doha.

Gabriel, seperti dilansir Reuters pada Rabu (5/7/2017) mengatakan, Jerman dan Eropa siap untuk membantu menyiapkan mekanisme resolusi internasional yang dibutuhkan untuk mendorong dialog, karena Jerman memiliki kepentingan kuat di wilayah tersebut.

Ketegangan Qatar dan negara Teluk sendiri masih jauh dari kata usai. Ini disebabkan sikap Qatar yang menolak memenuhi 13 tuntutan yang disampaikan Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir.

Beberapa tuntutan itu antara lain, Qatar harus memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, menutup pangkalan militer Turki di Doha, berhenti mendanai tokoh dan organisasi yang dinyatakan sebagai teroris.

Saudi cs sendiri telah mengumumkan perpanjangan tenggat waktu kepada Qatar untuk memenuhi tuntutan tersebut. Saudi memberikan waktu 48 jam tambahan kepada Qatar, yang akan berakhir pada hari ini.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com